0
{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Astronautika » SpaceX

SpaceX Siap Luncurkan Starship SN11 Pekan Ini

SpaceX is ready to launch Starship SN11 this week

Dengan mengemban misi eksplorasi planet Mars, SpaceX terus berinovasi dengan pengembangan roket purwarupa terbarunya.

Kali ini purwarupa roket SN11 yang telah selesai rampungkan proses perakitannya dari High Bay kini bersiap meluncur pekan ini.

Setelah sebelumnya alami beberapa kali ledakan pada purwarupa terdahulu, kali ini SpaceX telah melakukan improvisasi pada purwarupa SN11.

SN8, SN9, SN10 yang meledak telah memberikan banyak data penting untuk purwarupa SN11. Diharapkan SN11 mampu melakukan uji terjun (belly flop) dengan baik dan pendaratan yang sukses.

Purwarupa yang ditenagai 3 mesin Raptor, salah satu mesin roket terkuat yang pernah dikembangkan SpaceX kali ini diharapkan mampu mengatasi masalah thrust saat pendaratan.

Purwarupa SN11 Selesai Pengujian Pembakaran Statis


Sebelumnya pada tanggal 22 Maret 2021 waktu setempat, Space X telah selesai melakukan pengujian pembakaran statis (Static Fire Test) di site peluncuran Boca Chica, Texas Amerika Serikat.

Dikabarkan hasil uji pembakaran statis cukup memuaskan, dari 3 kali pengujian yang tampak melalui pengamatan kamera jarak jauh, roket purwarupa SN11 berhasil mengeluarkan api pembakaran dari noselnya selama beberapa detik.


Uji Pembakaran Statis Starship SN11 22 Maret 2021 | Image Source : Trevor Mahlmann

Tak lama setelah uji pembakaran statis, purwarupa SN1 tampak melakukan detanking. Ini menandai tes telah selesai. Tampaknya hasilnya cukup memuaskan.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari SpaceX terkait peluncuran, namun dari sumber cuitan Twitter Musk ia mengatakan bahwa SN11 akan diluncurkan tak lama lagi. Dan dilansir dari space.com SN11 setidaknya diluncurkan pada pekan ini.

Purwarupa BN1 Selesaikan Perakitan


Sementara itu purwarupa BN1, atau pendorong roket tingkat pertama telah menyelesaikan penggabungan bagian atas dan bawah roket dan bersiap untuk rampungkan perakitan akhir.

Nantinya purwarupa BN1 tidak akan diluncurkan seperti roket purwarupa lainnya. Menurut Musk, BN1 akan dijadikan sebagai kerangka acuan pengembangan atau disebutnya "production pathfinder".


 

Ini sama dengan purwarupa sebelumnya SN1 - SN5 yang mulanya dibuat namun tidak diluncurkan, hanya sebagai kerangka acuan saja.

Ini menjadikan BN1 sebagai alat baru SpaceX untuk melakukan serangkaian tes lanjutan pada purwarupa BN2.

Tes tersebut meliputi desain awal, uji tekanan pada tangki dan header, uji kriogenik, dan lain-lain. Selanjutnya BN2 yang akan melakukan eksekusi dari pengembangan dari kerangka acuan tersebut.


Purwarupa BN1 saat proses pemasangan bagian atas | Sumber : BocaChicaGal

Purwarupa BN1 yang saat ini masih berada di High Bay diharapkan selesai total pada Juli 2021 dan BN2 sudah melakukan peluncuran pada akhir 2021.

Proyek Starship Selanjutnya


Saat ini purwarupa lanjutan dari SN11 mengalami perubahan desain yang cukup signifikan.

Dikarenakan ada perubahan desain yang cukup fundamental, ini membuat beberapa purwarupa lanjutan dihancurkan dan di daur ulang.

Purwarupa lanjutan SN12, SN13, dan SN14 telah di scrap sehingga SpaceX maju ke purwarupa SN15.

Dari data per 23 Maret 2021, menurut sumber kami via twitter @_brendan_lewis, bahwa SN15 sedikit lagi merampungkan sayap flap bagian bawah.


 

Ini menjadikan SN15 sebagai adik dari SN11, melewati 3 purwarupa lainnya. Walaupun belum ada informasi lebih lanjut terkait bagian apa yang di improvisasi, SN15 dikabarkan mengusung beberapa kemajuan yang cukup signifikan.

Nantinya keseluruhan proyek Starship diharapkan rampung pada akhir 2021 dan siap meluncur untuk perjalanan pertamanya.

Starship akan mengusung teknologi pengisian propelan di orbit Bumi. Booster tingkat pertama akan membawa Starship ke orbit dan mampu mengangkut muatan sebesar 150 ton.

Ini memungkinkan era perjalanan antarplanet dan eksplorasi modern luar angkasa.

Rekomendasi artikel menarik untuk dibaca
🚀 SpaceX Berhasil Daratkan Starship SN10 Namun Meledak
🚀 Mengenal Starlink Internet Besutan Elon Musk
🚀 Daftar istilah umum yang sering digunakan dalam dunia Astronautika

Rate Artikel


Komentar Artikel

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial