1


{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Tutorial » Media Sosial

6 Langkah Menjadi Youtuber Pemula Sampai Menghasilkan Uang

Menjadi seorang konten kreator di Youtube menjadi pilihan yang menjanjikan untuk menghasilkan uang.

Saat ini mulai dari generasi tua dan muda banyak menekuni dunia Youtube sebagai sarana membagikan ilmu dan menuangkan kreativitas yang dimiliki dalam bentuk video sambil mendapatkan penghasilan pasif. Hanya bermodalkan hp.

Bagaimana sebuah video Youtube bisa menghasilkan uang?

Bagi kamu yang masih awam dan memiliki niat untuk terjun sebagai konten kreator pemula, silahkan baca artikel ini sampai tuntas.

Penulis pernah memiliki pengalaman sebagai konten kreator di Youtube, dan tentunya artikel ini kami harap bisa memberikan sedikit gambaran dan tips mudah tentang bagaimana menjadi konten kreator di Youtube untuk pemula.

Yang akan kita bahas langkah-langkah cara mendaftar di Youtube mulai dari awal sampai bisa menghasilkan. Yuk langsung saja 😃



Bagaimana Youtube bisa Menghasilkan Uang?


Sebelum kita bahas langkah-langkahnya, kamu perlu memahami dulu konsep di Youtube ya 😉

Konten kreator adalah nyawa bagi Youtube. Semua video yang ada di Youtube merupakan video hasil buatan perorangan yang di unggah ke server Youtube.

Selain bermitra dengan para konten kreatornya, Youtube juga bermitra dengan media periklanan yang bernama Adsense. yang mana Adsense ini merupakan bagian yang terpisah dari platform Youtube.

Adsense atau Google Ads, adalah anak perusahaan dari Google yang bertugas untuk menjembatani Youtube dengan konten kreator. dan dengan para pengiklannya.

Ibaratnya, Adsense itu divisi keuangannya Youtube. Youtube membuat sistem bagi hasil antara keuntungan dari media periklanannya dengan penyedia konten.

Jadi alur pendapatan youtube:

  • Seseorang memasang iklan di Google Ads
  • Google menempatkan iklan pada video yang dibuat konten kreator di Youtube
  • Penonton lalu melihat iklan
  • Uang hasil periklanan tadi akan dibagi hasilnya dengan si konten kreator

Sesimpel itu 😊

Berapa Uang yang Didapatkan Sebagai Konten Kreator di Youtube?


Jawabnya, Tergantung.

Mari kita breakdown sejenak. Besar pendapatan di dari video Youtube bukanlah di nilai dari besar subscriber / pelanggannya.

Banyak yang salah persepsi disini, Youtube tidak membayar uang berdasarkan jumlah subscriber yang dimiliki seorang konten kreator.

Ada yang punya subscriber 100 ribu tapi penghasilannya sedikit, ada juga yang punya subscriber 10 ribu tetapi penghasilannya besar.

Bagaimana bisa begitu?

Besar penghasilan bisa didasarkan dari sejumlah faktor:

  • Sumber Pemirsa / Audience.

    Sebagai contoh, pemirsa dari negara Amerika akan mendapatkan tayangan iklan produk dari Amerika juga, begitu pula Indonesia akan mendapatkan pemirsa dari Indonesia.

    Harga pemasangan iklan setiap negara tentu berbeda-beda, berdasarkan perbedaan nilai mata uang dan ongkos pemasangan iklan di suatu negara.
     
  • Besaran harga per klik iklan (CPC)

    Youtube menilai setiap niche dengan harga yang berbeda-beda. Sebagai contoh, iklan yang dipasang pada video memasak berbeda nilainya dengan iklan yang dipasang pada video kesehatan.

    Ini menyebabkan perbedaan penghasilan konten kreator A dengan B
     
  • Jumlah Tayangan Iklan

    Perlu dibedakan antara tayangan dan tayangan iklan. Karena dalam 1 tayangan video iklan bisa ditampilkan lebih dari 1 kali, namun bisa juga tidak mendapatkan tayangan iklan.

    Ini merupakan algoritma Youtube yang tercipta secara otomatis menyesuaikan dengan kenyamanan pengguna Youtube
     
  • Jumlah pelanggan / subscriber

    Jumlah subscriber akan meningkatkan jumlah tayangan, itu benar. Semakin banyak tayangan otomatis meningkatkan iklan tertampil.

    Kamu perlu menghindari sub4sub untuk mendapatkan subscriber, sebaiknya tunggu sendiri pelanggan datang secara organik.

    Karena pelanggan yang datang dengan sukarela akan menonton video yang kamu buat dengan sukarela juga.

    Subscriber organik akan konsisten datang kembali ketimbang subscriber buatan. Karena mereka akan selalu menunggu jadwal ketika kamu mengupload video.

Langkah-langkah menjadi Konten Kreator Pemula di Youtube


Oke, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya mengenai langkah-langkah menjadi seorang konten kreator di Youtube.

Disini mungkin agak sedikit panjang dan mungkin akan ada sedikit perbedaan dengan aslinya. Namun secara garis besarnya sama saja.

Ini berdasarkan pengalaman asli dari penulis, sehingga dari banyak tutorial kurang akurat yang beredar di internet diharapkan tulisan ini bisa menjadi rujukan kamu.

1. Buat Akun Email Google


Pertama-tama buat akun email Gmail baru, kenapa harus baru?

Alasannya adalah seandainya akun Gmail kamu terblokir, atau terkena hack, kamu bisa melakukan recovery dari email utama. Akun Gmail usahakan terpisah dengan akun utama yang kamu miliki.

Kamu bisa mengakses pembuatan akun baru di gmail melalui tautan berikut ini : Buat akun Gmail Baru

Pastikan kamu mengisikan semua informasi dengan benar dan akurat sesuai dengan data yang kamu miliki.

2. Buat Channel Youtube Baru


Selanjutnya, kamu perlu membuat kanal / channel baru. Meskipun sudah memiliki Akun Google, kamu tetap harus membuat channel YouTube agar dapat mengupload video, berkomentar, atau membuat playlist

Caranya adalah dengan mengunjungi link ini : Buat Kanal Youtube Baru

Disini kamu boleh mengisi nama channel Youtube sesuai dengan selera kamu.

Tidak harus nama kamu. Buat nama channel Youtube semenarik mungkin dan usahakan sesuai dengan niche atau topik video yang akan di unggah nantinya.

Pilih Use a Business or Other Name untuk menggunakan nama lain

Nama channel yang baik akan meningkatkan kekuatan branding video yang bakal kamu posting.

3. Unggah Konten yang Kamu Punya


Sebelum mengunggah video, usahakan membuat video berdurasi diatas 3 menit.

Karena iklan lebih sulit tayang jika video berdurasi dibawah 3 menit.


 

Lebih bagus lagi jika videonya berdurasi diatas 10 menit, karena kamu bisa melakukan kustomisasi iklan lebih lanjut.

Video diatas 10 menit bisa dipasang lebih dari satu iklan dan bisa diatur di menit / detik ke berapa iklan akan ditayangkan.

Kamu bisa mengatur ini lebih lanjut via Youtube Creator Studio

4. Promosikan Konten Video


Kamu harus membuat video seunik dan sekreatif mungkin. Berikan judul dan thumbnail yang menarik.


 

Jangan lupa untuk mengisikan meta-tag dan deskripsi, ini bertujuan untuk memaksimalkan kerja SEO Youtube.

Dengan mengisikan lengkap video lebih mudah ditemukan penonton baru dan berpotensi dipromosikan oleh video sejenis oleh channel lain yang relevan.

Proses ini berlangsung otomatis, setelah mengunggah video tunggu sekitar 1-2 hari untuk mendapatkan visitor organik.


 

Jika kamu punya akun sosial media, kamu boleh membagikan video tersebut agar mendapatkan tayangan tambahan dari sumber eksternal.

Namun perlu diingat, bagikan tautan secara natural di grup / pembahasan yang relevan dengan video. Dan jangan melakukan spam tautan secara berlebihan dalam waktu yang berdekatan.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan tayangan eksternal secara alamiah.

Loading ...

5. Mengaktifkan Monetisasi


Monetisasi adalah membuat video tersebut dapat ditayangkan iklan dan menghasilkan uang.

Di sebelah kiri ada menu Channel Monetization, kamu perlu menyelesaikan 5 langkah sebelum monetisasi disetujui agar monetisasi bisa diaktifkan.

  1. Setujui Syarat dan Kebijakan Monetisasi

    Kamu Harus menyetujui syarat dan kebijakan yang dituliskan, caranya cukup mudah, kamu cukup centang-centang saja. Tapi jangan lupa dibaca ya syarat dan ketentuannya 😉, disitu dijelaskan apa yang boleh dan tidak boleh.



    Jenis konten apa yang dapat dimonetisasi?

    Agar video memenuhi syarat monetisasi, konten tersebut harus orisinil hasil karyamu sendiri. Termasuk audio yang terkandung didalamnya.

    Sebaiknya hindari menggunakan musik / lagu dari penyanyi, karena ada hak ciptanya. Dan jika dilanggar, video bisa dicekal / dibatasi hak tayangnya, bahkan bisa berujung pada suspend channel youtube kamu.

    Kamu harus memiliki semua hak untuk menggunakan semua elemen visual dan audio secara komersial atas video tersebut. Lebih lanjut mengenai pedoman komunitas dapat kamu baca-baca disini
     
  2. Melakukan Pendaftaran Adsense

    Perlu dibedakan, Youtube adalah platform video, sementara Adsense adalah platform periklanan, Adsense merupakan sarana yang disediakan Youtube untuk menyalurkan pembayaran atas pendapatan iklan yang akan ditayangkan di video kamu tadi.



    Kamu bisa melakukan pendaftaran Adsense dengan email Gmail yang berbeda.

    Saya sarankan email di bedakan karena jika akun channel Youtube tersebut mengalami masalah, kamu bisa melakukan monetisasi pada channel dengan akun lainnya.



    Silahkan baca ketentuan layanan dari Adsense, jika sudah lalu centang dan setujui untuk melanjutkan pembuatan akun.

    Perlu diperhatikan bahwa satu akun Adsense berlaku untuk 1 orang.

    Jika kamu mendaftarkan lebih dari 1 akun adsense, sistem bisa mendeteksi jika kamu membuat dua akun Adsense dengan data yang sama.

    Syarat pendaftaran Adsense usia kamu harus diatas 17 tahun, jika dibawahnya secara otomatis akan ditolak.



    Kemudian isi nama, alamat lengkap dan nomor telepon, harus sesuai dengan data sebenarnya. Nama harus sesuai dengan yang ada pada KTP kamu.

    Disini juga kamu perlu mengisi metode pembayaran. Disini saya menggunakan metode Transfer Bank.



    Setelah mengisi semua data, maka kamu tinggal menunggu proses verifikasi data. Google Adsense akan mengirimkan amplop yang berisi kode verifikasi alamat tempat tinggal.

    Nantinya kode tersebut diisi pada panel Adsense. Didalamnya ada instruksi cara pengisian kodenya. Ini mirip seperti verifikasi email, tapi bentuknya fisik.
     
  3. Atur Preferensi Monetisasi.

    Setelah akun Adsense kamu berhasil diverifikasi maka dan diterima dan tertaut sepenuhnya ke kanal kamu, kita atur agar iklan jenis apa saja yang bakal ditayangkan nantinya.



    Klik start, lalu didalam pengaturan monetisasi silahkan centang semua preferensi iklan yang ingin ditayangkan. Ini juga bisa diubah nantinya.

    Beberapa format monetisasi iklan antara lain:

    1. Display Ads : Iklan di sebelah pojok kanan atas video
    2. Overlay Ads : Iklan mengambang horizontal didalam video
    3. Sponsored Cards : Iklan mengambang vertikal didalam video
    4. Skippable Video Ads : Iklan penuh didalam video yang dapat di skip


     
  4. Mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 pelanggan.

    Sebelum disetujui penuh, kamu perlu menunggu sampai video yang diunggah tadi mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber dalam setahun terakhir.

    Ini merupakan syarat mutlak.



    Syarat ini berlaku untuk semua konten kreator, dan merupakan perhitungan akumulasi dari seluruh video yang ada di channel.

    Jadi usahakan membuat video yang banyak agar syarat ini tercapai.
     
  5. Review kualitas konten secara manual oleh Youtube.

    Youtube akan melakukan tinjauan kelayakan atas konten yang kita unggah.

    Setelah persyaratan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber berhasil dicapai, jika kamu mengunggah video rutin setiap hari biasanya memakan waktu sebulan.



    Beberapa Youtuber yang pernah saya kenal mendapatkan approval hanya dalam beberapa hari saja. Jika videonya ditonton banyak orang (viral), jadi waktunya bisa bervariasi.

    Setelah disetujui, maka kamu akan mendapatkan email pemberitahuan, dan di panel monetisasi sudah bisa kita lihat status monetisasi aktif. Selamat! 😁

Update 2021 : Sekarang Youtube mengharuskan para konten kreatornya untuk memenuhi persyaratan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber sebelum bisa mengaktifkan dasbor Monetisasi.
Namun langkah-langkahnya kurang lebih tetap sama

6. Pembayaran Adsense


Setelah video mendapatkan penghasilan dari tayangan iklan di channel kamu, maka setiap bulannya Youtube akan mengirimkan penghasilan tersebut ke akun Adsense yang ditautkan tadi.

Jangan lupa mengatur metode pembayarannya sesuai dengan rekening Bank yang kamu miliki 😊


 

Dengan catatan, saldo ambang batas minimum pembayaran adalah USD 100$. Jika belum tercapai maka saldo akan diakumulasikan di bulan-bulan berikutnya.

Gaji Youtuber Pemula
 

Biasanya penghasilan akan berpindah dari Youtube Studio ke Adsense pada sekitar minggu pertama atau minggu kedua setiap bulannya.

Sedangkan pengiriman penghasilan dari Adsense ke Rekening Bank kamu akan ditransfer pada tanggal 21–25 pada bulan berjalan.



 

Pembayaran bisa dilakukan dengan melalui Bank lokal, disini saya menggunakan Bank Mandiri, uang yang ditransfer akan dikonversi kedalam kurs Rupiah secara otomatis.

Biasanya transfer ini membutuhkan waktu 1–2 hari kerja.


 

Nah, ini dia invoice pembayaran dari Adsense.

Gaji youtuber pemula bervariasi dengan minimum payout sebesar USD $100 atau setara dengan Rp. 1.4 Juta rupiah

Jadi bagaimana menurut kamu? Apakah kamu tertarik menjadi seorang konten kreator di Youtube? 😉

Konten Youtube yang Menarik untuk Pemula


Mungkin kamu masih bingung mau membuat ide konten apa bukan? Apa saja konten yang direkomendasikan sebagai sumber inspirasi menjadi youtuber?

Tentukan Niche yang Tepat
 

Berikut beberapa sumber inspirasi niche konten untuk youtuber pemula diantaranya:

  1. Niche Gaming

    Bagi kamu yang gemar bermain games, bisa membuat ide konten tentang ulasan Game populer, live streaming gameplay, membahas strategi didalam game, tips menamatkan stage tertentu, atau cara mengalahkan boss sulit didalam video game favoritmu. Contoh : Channel Jess No Limit
     
  2. Niche Teknologi.

    Bisa ulasan seputar teknologi yang lagi hot / trending, penemuan terbaru, teknologi masa depan, gadget seluler, ulasan komputer dan laptop, contoh : Channel Gadgetin dan Jagat Review
     
  3. Niche Musik.

    Misalnya kamu jago bermain gitar, kamu bisa memainkan teknik Fingerstyle, cover lagu yang lagi hits, reaction video musik populer, Contoh : Channel AlipBaTa dan Hanin Dhiya
     
  4. Niche Kuliner.

    Kamu bisa membahas topik seputar memasak dan makanan. Isi konten dapat berupa ulasan, cara memasak dan lain-lain, Contoh : Channel Ria SW
     
  5. Niche Travelling

    Jika kamu sering keliling Indonesia tentu banyak sekali konten yang bisa menjadi sumber ide, seperti tempat wisata, keindahan alam di Indonesia, jalur pendakian gunung, akses ke tempat wisata yang belum banyak diketahui orang. Jika terlalu sulit, kamu bisa memulai dengan tempat wisata di kotamu, lokasi-lokasi tempat pembelian barang tertentu di kotamu dan lain-lain. Contoh Channel : Martin Arek Vlog
     
  6. Niche Bisnis dan Lifestyle

    Mungkin kamu punya pengetahuan lebih tentang bisnis, startup, entrepeneur, investasi, sangat banyak topik yang menarik untuk dibahas, contoh Channel Sigit Tanoko. Lifestyle atau gaya hidup bisa kamu ambil ide dari Channel Maurilla Sophianti Imron

Saran tambahan seputar Youtuber Pemula


Berikut tadi mimin ulas mengenai seluk beluk dan langkah menjadi Youtuber pemula.

Eits tunggu dulu, masih ada saran-saran yang bisa kami berikan.

Cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang.

  1. Ada baiknya kamu berinvestasi pada kamera, tripod, dan microphone agar kualitas video lebih baik.
  2. Selalu gunakan video orisinil hasil karya sendiri. Ingat konten plagiat tidak akan bertahan lama di Youtube.
  3. Gunakan audio yang bebas hak cipta (free royalty), di youtube juga ada gudang musik yang bisa kamu manfaatkan, namanya Youtube Audio Library
  4. Pergunakan gambar thumbnail semenarik mungkin namun jangan sampai misleading.
  5. Jangan lupa share video ke sosial media untuk mendapatkan lebih banyak exposure.
  6. Posting video artikel dalam Blog / Website pribadi agar mendapatkan view tambahan dan menjangkau lebih banyak orang.
  7. Salah satu syarat jadi youtuber sukses adalah konsisten dan rajin mengupdate konten-konten terbaru, pertahankan agar konten selalu fresh.

Oke sekian dulu pembahasan kita, jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman dan kerabat kamu. Akhir kata terima kasih telah berkunjung dan salam Youtuber! 😊

Rekomendasi artikel menarik untuk dibaca
💻 Ketahui perbedaan internet shared dan dedicated sebelum berlangganan wifi
💻 Cara pasang wifi di tempat yang belum punya sinyal internet
💻 Cara pasang wifi sendiri dirumah, lengkap dan mudah

Rate Artikel


Komentar Artikel

Lukas Mukin
12 Aug 2021 | 21:39:26

Mantap benar artikelnya. Ini tipe artikel pilar ya?

Soalnya panjang benar artikelnya.

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial