{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "article", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Astronautika » NASA

Ketegangan 7 menit berakhir, NASA berhasil daratkan Perseverance di planet Mars

7 minutes terror ends, NASA successfully land Perseverance on Mars
  • 19 Feb 2021
  • 252
  • Andy. H

Setelah melalui perjalanan selama 7 bulan Bumi-Mars, akhirnya wahana antariksa Perseverance tiba di planet Mars. Gegap gempita dan sorak sorai terlihat di stasiun pengendali NASA di Amerika Serikat pagi hari 19 Februari 2021. Ini menandakan babak baru dari awal petualangan rover Perseverance untuk mencari tanda-tanda kehidupan dan jejak historis Mars di masa lampau.

Dari Houston situasi menegangkan terlihat saat 7 menit perbedaan waktu tempuh sinyal antara planet Bumi dan Mars berhasil dilalui dengan hanya mengandalkan sistem otomatisasi perangkat komputer yang disematkan didalam wahana antariksa Perseverance.

Daftar isi
Loading ...

Siaran langsung dari NASA di kanal Youtube

suasana di ruang kendali NASA saat Perseverance sukses touchdown | NASA

Sebanyak 11 juta mata tertuju pada kanal youtube NASA saat proses pendaratan Perseverance berlangsung pagi hari 19 Februari 2021. Ketegangan tampak mewarnai stasiun kendali NASA. Pendaratan rover Perseverance yang ditargetkan mendarat di kawah Jezero membuahkan hasil.

Rover seukuran mobil itu tampak memasuki atmosfer planet Mars dengan bantuan visualisasi secara animasi di layar pengendali. Di layar, tampak tahapan-tahapan proses pendaratan sedang mengirimkan laporan telemetri dari sensor yang ditanamkan pada wahana antariksa tersebut. Sesekali mereka bertepuk tangan, menandakan satu proses telah berhasil.

Serangkaian proses yang melibatkan sistem yang kompleks seperti pelepasan penutup kapsul, pengeluaran parasut, penurunan rover dengan bantuan sky crane, sampai touchdown di permukaan Mars secara sempurna membuktikan kematangan teknologi NASA untuk meluncurkan wahana ke planet Mars.

Teknik serupa pernah diterapkan pada pendaratan misi pendahulunya Curiosity dan Insight pada tahun 2012 dan 2018, dan kali ini proyek Mars 2020 dinyatakan berhasil

Perjuangan Perseverance masih panjang

lokasi pendaratan Perseverance tak jauh dari pendahulunya di kawah Jezero | NASA

Pendaratan hanya mewakili satu dari tugas paling sulit yang akan dilalui rover Perseverance, masih banyak segudang misi lanjutan yang akan dilakukan wahana ini. Dengan bantuan rover Perseverance kita akan bisa melihat lebih dalam bagaimana sejarah planet Mars dan jejak-jejak kehidupan di planet ini.

Berbeda dari pendahulunya, perseverance dapat mendengar suara di planet Mars karena ia ditanamkan mikrofon. Ini merupakan kali pertama sepanjang sejarang sebuah wahana yang bisa mendengar suara di planet merah ini. Perseverance juga membawa sebuah helikopter bernama Ingenuity yang merupakan wahana helikopter pertama di planet Mars

Ini bisa memakan waktu hingga 10 hari Mars, tetapi itu benar-benar tergantung di mana NASA menemukan helisite,

Kemudian akan memakan waktu 10 hari lagi untuk mengeluarkan helikopter dari bawah penjelajah dan memindahkan penjelajah itu.

Selalu sulit untuk memperkirakan secara tepat kapan sesuatu terjadi, tetapi kami akan menerbangkan helikopter di musim semi [belahan bumi utara],

Jika berhasil, ini akan menjadi pertama kalinya pesawat bertenaga terbang melintasi planet selain Bumi.

Wakil manajer proyek Perseverance, Jennifer Trosper.

Menurut NASA, Perseverance akan menjelajahi Mars setidaknya sampai April 2023. 

Perbedaan Perseverance dari wahana pendahulunya

helikopter Ingenuity, helikopter pertama di planet Mars

Dari 11 fitur baru, ada 3 fitur paling menarik yang dimiliki Perseverance

  1. Mars Oxygen ISRU Experiment (MOXIE), sebuah teknologi penelitian yang akan menghasilkan oksigen dari karbondioksida di atmosfer Mars dalam jumlah yang kecil.
    Mars sendiri memiliki kandungan karbondioksida yang sangat tinggi. Teknologi ini dapat ditingkatkan di masa mendatang untuk mendukung kehidupan manusia atau untuk membuat bahan bakar roket.
     
  2. Helikopter Mars Ingenuity. Sebuah helikopter nirawak bertenaga surya dengan berat 1,8 kilogram yang akan diuji stabilitas penerbangannya dan potensinya untuk mencari rute mengemudi terbaik bagi rover Perseverance.

    Helikopter ini tidak membawa instrumen ilmiah apapun selain kamera. Tugasnya hanyalah mendemonstrasikan penerbangan di Mars. Helikopter kecil ini diperkirakan akan terbang hingga lima kali selama masa pengujian 30 hari dan akan terbang tidak lebih dari 3 menit per hari.

    Helikopter ini adalah sebuah alat demonstrasi teknologi yang diharapkan mampu memajukan teknologi helikopter di Bumi, Mars, maupun planet lainnya.
     
  3. Dua mikrofon akan digunakan selama pendaratan, saat misi di permukaan Mars, dan saat pengumpulan sampel. Kini kita dapat mendengar bagaimana suara di planet Mars

Perseverance kirimkan foto pertamanya

foto pertama Perseverance berhasil diterima di ruang pengendali | NASA

Sekitar 5 menit setelah pendaratan berhasil, Perseverance mulai mengirim foto pertamanya, tampak gambar hitam-putih beresolusi kecil muncul di layar pengendali. Ini merupakan foto berukuran kecil yang bisa dihasilkan sesegera mungkin.

Gambar beresolusi tinggi pertama yang akan dikirimkan dalam 24 jam ke depan adalah foto dari sensor kamera yang dipasang dibawah Perseverance saat masih berada di udara ketika akan mendarat. Kita akan menyaksikan gambar beresolusi tinggi dari jepretan panorama sekitar awal minggu depan. (Credit | NASA)

Komentar Artikel
Loading..
Can't Load Comments

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru