{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "article", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Pertanian » Kelapa Sawit

5 Pertanyaan yang sering ditanya saat interview di Perkebunan Kelapa Sawit

  • 31 Jan 2021
  • 3.44 K
  • Andy. H
  •  


Jika kamu ingin melamar pekerjaan di perusahaan perkebunan kelapa sawit, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul saat interview. Ketahui dan buat dirimu lebih unggul dibanding kandidat yang lain. Yuk simak satu persatu

Sekilas mengenai Perkebunan Kelapa Sawit

Banyak yang bilang bekerja di perusahaan kelapa sawit itu jelas, karena banyak keuntungan yang bisa didapat dan jenjang karir yang baik. Penulis sendiri berprofesi sebagai karyawan tetap di perusahaan kelapa sawit dan memang bekerja di perkebunan kelapa sawit sangat menyenangkan dan jelas.

Gaji yang didapat bekerja di perkebunan kelapa sawit juga diatas rata-rata, jam kerja yang relatif pendek dibandingkan perusahaan lain, fasilitas dari perusahaan yang cukup memuaskan bisa didapat disini. Disamping itu kekerabatan dan kebersamaan juga terjalin erat, karena tempat tinggal yang sesama pekerja yang berdekatan membuat bekerja di perkebunan memiliki kekeluargaan yang harmonis.

Perusahaan perkebunan kelapa sawit sudah ada sejak jaman penjajahan belanda dan masih eksis sampai sekarang, ini membuktikan bekerja di perkebunan sangatlah berkelanjutan (sustainable). Perkebunan kelapa sawit juga relatif tidak terdampak pandemi karena produknya sangat dibutuhkan bagi manusia. Sehingga kita merasa aman bekerja di satu perusahaan sampai pensiun kelak.

Apakah kamu bersedia tinggal di luar kota

Pertanyaan ini adalah yang paling sering di tanyakan saat interview di perkebunan kelapa sawit. Mengapa? Karena kebun sawit itu letaknya di pedesaan, dan jauh dari perkotaan. Di pedesaan terkadang aksesnya sulit dan terkadang sinyal internet susah.

Dengan tinggal di luar kota, artinya kamu agak sulit berkunjung ke rumah orang tua atau sanak famili. Namun bukan berarti tinggal di perkebunan sawit tidak bisa pulang kampung / mudik ya. Kamu tetap bisa pulang kok, terutama saat lebaran dan saat cuti.

Kamu juga tidak perlu khawatir, hampir semua perkebunan kelapa sawit menyediakan fasilitas rumah dinas bagi pekerjanya, sehingga kamu tidak perlu repot mencari tempat tinggal karena sudah disediakan perusahaan.

Usahakan melamar di perkebunan yang sudah memiliki tanaman menghasilkan (TM), cari tahu informasinya dari internet, karena umumnya jika perusahaannya sudah berumur biasanya selalu menyediakan fasilitas yang lengkap seperti sarana rumah ibadah, sarana olah raga, air, listrik dan kamu juga bakal diberi beras gratis dari perusahaan tiap bulan.

Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini

Pertanyaan yang hampir tidak pernah absen dalam setiap interview. So, kamu nggak mau kan kejebak sama pertanyaan ini. Sebaiknya sebelum melamar kamu cari tahu dulu apa saja informasi tentang perusahaan yang kamu lamar ini, sehingga kamu tahu alasan melamar di perkebunan kelapa sawit incaranmu.

Caranya, kamu bisa googling deh di internet tentang perusahaan yang ingin kamu lamar ini, kalau perlu tanya-tanya dengan orang yang pernah bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit. Biasanya para pekerja saling tahu informasi walaupun berbeda perusahaan.

Ingat lho perkebunan sawit di Indonesia itu sangat banyak, tapi karyawannya saling mengetahui satu sama lain, dan alur pekerjaannya juga kurang lebih sama. Karyawan yang bekerja di perusahaan kelapa sawit disebut planters. Mereka punya komunitas sendiri, kamu cari tahu dan coba ikut komunitasnya, barangkali banyak informasi berguna di dalamnya.

Bisakah kamu menceritakan tentang diri kamu

Sama seperti perusahaan pada umumnya, pertanyaan yang selalu muncul ini biasanya ditanyakan saat interview, termasuk di perkebunan kelapa sawit. Pertanyaan ini harus kamu jawab dengan tenang dan meyakinkan, namun tidak bertele-tele.

Mulai dari menceritakan asal kamu tinggal, dan pengalaman kerja yang pernah kamu lalui. Usahakan sebisa mungkin relevan dengan dunia perkebunan. Jika kamu punya pengalaman di perkebunan lain ini merupakan nilai tambah, karena kamu sudah punya bekal pengalaman.

Ceritakan hal-hal yang kamu inginkan, dan siap menghadapi tantangan baru dan tetapkan target kira-kira seandainya kamu diterima, dimana posisi kamu dalam 3 tahun kedepan, dan katakan juga apa-apa saja yang dapat kamu berikan untuk perusahaan.

Apakah kamu memiliki keluarga yang bekerja di perusahaan ini

Pertanyaan ini kadang muncul di saat interview. Mengapa pertanyaan ini muncul? Di perkebunan kelapa sawit masih banyak yang memiliki hubungan kekerabatan dalam satu perusahaan. Terkadang ada istilah "orang titipan" yang artinya ada orang yang masuk ke perusahaan tanpa melalui proses rekrutmen, alias melalui sanak/famili.

Di perkebunan kelapa sawit banyak yang bekerja secara turun temurun, di jaman dahulu kebanyakan pekerja adalah anak dari pekerja juga. Penulis sendiri banyak menemui di lapangan bahwa satu keluarga besar menjadi pekerja di perusahaan. Sebenarnya ini tidak baik, karena berpotensi membuat semacam "dinasti" keluarga dalam perusahaan.

Sepengalaman penulis, hal ini ada namun memang tidak banyak tetapi masih ada terlihat di perusahaan perkebunan besar maupun kecil. Lantas bagaimana menyikapinya?

Sebaiknya jujur saja, jika memang tidak punya kerabat/sanak famili di dalam perusahaan kamu tidak perlu mengatakan ada, dan sebaliknya jika memang ada katakan ada, karena bagaimanapun jika kamu berbohong, cepat atau lambat tetap pasti akan ketahuan.

Apakah kamu bisa mengemudi kendaraan seperti mobil

Pertanyaan yang kebanyakan di perusahaan lain tidak menanyakan, Namun penulis pernah mendapatkan pertanyaan ini. Mengapa pertanyaan ini ada?

Di perkebunan kelapa sawit itu jauh dari perkotaan, dan jika ada situasi mendesak terkadang kamu bisa disuruh untuk mengantarkan orang ke rumah sakit, atau mengantarkan tamu ke areal perkebunan, atau bisa juga menjamu pimpinan atau direksi yang tiba-tiba datang.

Memang di perkebunan memiliki karyawan supir, namun bisa saja pimpinan/direksi lebih senang berbicara denganmu karena kamu berwawasan luas.

Penulis sendiri pernah mengalaminya membawa pimpinan dan direksi ke areal dan berjalan-jalan sewaktu mereka berkunjung dan menginap selama beberapa hari di mess perkebunan. Jadi bisa mengemudikan mobil adalah merupakan nilai tambah yang sangat baik.

Loading ...

Jika diterima, berapa gaji yang kamu harapkan

Pertanyaan ini selalu ada di saat interview. Jika kamu melamar suatu jabatan, pastikan kamu mengetahui kira-kira berapa range gaji yang sesuai dengan posisi yang akan di lamar.

Dengan mengetahui range gaji, kamu bisa tahu berapa nilai yang paling reasonable ketika kamu mengajukan gaji.

Berapa gaji mandor kelapa sawit?

Disini penulis akan memberi gambaran (bocoran tepatnya) kira-kira berapa saja gaji di perkebunan kelapa sawit (swasta).

Gaji karyawan perkebunan Kelapa Sawit per 2020 (Sumatera Utara)

Jabatan Gaji Pokok Tunjangan
Pemuat TBS Rp. 2.400.000 ± Rp. 1.500.000
Pemanen Rp. 2.500.000 ± Rp. 1.500.000
Mandor Pemeliharaan Rp. 2.600.000 ± Rp. 1.000.000
Satpam Rp. 3.100.000 ± Rp. 2.500.000
Juru Rawat Rp. 3.100.000 ± Rp. 600.000
Kerani (Karyawan) Rp. 3.200.000 ± Rp. 2.400.000
TU 1 (Pembantu KTU) Rp. 3.200.000 ± Rp. 1.500.000
Mandor Panen Rp. 3.300.000 ± Rp. 4.200.000
Kerani Kantor Direksi Rp. 5.000.000 ± Rp. 300.000
Kepala Tata Usaha (KTU) Rp. 8.500.000 ± Rp. 300.000
Asisten Kebun / PKS Rp. 8.800.000 ± Rp. 500.000
Asisten Administrasi Rp. 9.000.000 ± Rp. 300.000
Asisten Direksi Rp. 11.000.000 ± Rp. 1.000.000
Manajer PKS Rp. 15.800.000 ± Rp. 1.000.000
Manajer Kebun Rp. 16.600.000 ± Rp. 1.000.000
Kepala Keuangan Rp. 17.500.000 ± Rp. 500.000
Direktur Umum Rp. 41.500.000 ± Rp. 1.000.000
Disclaimer : Gaji tentu dapat berbeda-beda tergantung, wilayah, level perusahaan, kebijakan masing-masing perusahaan, tingkat pendidikan, pengalaman, dan lain-lain.

Jangan menganggap data yang diatas selalu sama dengan semua perusahaan. Sebagai contoh, data diatas adalah sebuah perkebunan swasta yang memiliki areal sekitar 3500 Ha.

Rate Artikel


Load more

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial