3
{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Komputer » Jaringan Komputer

Cara Pasang Wifi di Tempat yang Belum Punya Sinyal Internet

How to setup wifi in a place far from internet cellular signal

Saat ini banyak sekali wilayah di Indonesia yang belum tercakupi sinyal internet 4G, misalnya pedesaan terpencil seperti wilayah permukiman areal perkebunan dan pertambangan yang terletak di pelosok yang jauh dari perkotaan.

Mungkin kamu adalah salah satunya, namun jika kamu memiliki tekad dan dana yang cukup sebenarnya memasang wifi di daerah terpencil sangat mungkin dan bisa di lakukan. Bahkan bisa menjadi jalan kamu membuka peluang usaha internet RT/RW atau internet voucheran.

Apa saja kiat-kiatnya dalam membangun jaringan internet yang jauh dari perkotaan? Simak artikelnya berikut ini

Pelajari geografis lingkungan sekitar kamu


ilustrasi gambar koneksi PtP (point to point), beserta penjelasan LOS dan Fresnel Zone

Pertama sekali yang perlu penulis sampaikan disini, semua bisa terwujud dengan kemauan yang kuat. Memasang wifi di tempat yang belum punya sinyal internet memang memiliki kesulitan tersendiri.

Pelajari areal sekitar kamu, lakukan survei kecil-kecilan dan catat secara terperinci poin-poin pentingnya dan gunakan bantuan dari google maps dan google earth untuk membantu dari kesulitan yang mungkin akan kamu hadapi.

Bagaimana menyalurkan internet ke lokasi yang belum memiliki sinyal internet sama sekali?

Cara yang paling mungkin dan cocok diterapkan dengan skenario diatas adalah internet yang disalurkan dengan sistem berbasis wireless (nirkabel). 

Sistem internet berbasis wireless bisa mencakup mulai ratusan meter sampai puluhan kilometer. Beberapa ada yang membuat jaringan wireless dengan repeater dan bisa tembus sampai ratusan kilometer. Disini kita akan membahas internet dengan frekuensi 5.8 GHz tanpa menggunakan repeater.

Baca jugaApa itu LoS dan Fresnel Zone ketahui saat membangun jaringan nirkabel

 

Prinsip kerja internet berbasis wireless 5.8 GHz adalah menyalurkan internet dengan menggunakan tower kecil atau menengah dengan estimasi budget sekitar 10-15 juta rupiah.

Apa saja yang perlu di survei?

  • Pergunakan google maps untuk menentukan jarak lokasimu dan sumber internet. Misalnya internet akan disalurkan lewat jaringan wireless (nirkabel).
  • Pergunakan google earth untuk mengukur ketinggian tanah dengan lingkungan sekitar dengan sumber internet, apakah terhalang bukit atau pegunungan.
  • Ketahui spot-spot di sekitar lingkungan yang tanahnya lebih tinggi dari areal sekitar, dan apa saja bangunan tinggi atau pepohonan yang ada di sekitar lokasi.
  • Ketahui lokasi yang akan di jadikan sumber internet. Misalnya internet akan bersumber dari kota, misalnya kamu punya rumah atau kantor yang bisa di jadikan sumber internet wifi

Simulasi dengan menggunakan AirLink


Tampilan simulasi Airlink yang kita uji coba, klik gambar untuk memperbesar

Cara Pasang Wifi di Tempat Terpencil

Aplikasi airlink akan membantu kamu menentukan perangkat apa saja yang akan dibutuhkan. Aplikasi ini berbasis web dan gratis, bisa diakses langsung dari halaman Airlink. Buka tautan Airlink klik disini

Apa saja kegunaan aplikasi Airlink diantaranya:

  • Dapat menentukan ketinggian tower yang dibutuhkan secara presisi.
  • Dapat menentukan tipe radio wireless sesuai kebutuhan berapa bandwidth internet yang akan disalurkan
  • Dapat menentukan LOS (Line of Sight) dan Fresnel Zone di jalur antar kedua site

 

Dengan simulasi AirLink kamu bisa membangun tower antara kedua site yang akan dihubungkan. Sebagai contoh, saya ingin menyalurkan internet dari Tanjung Morawa (Sumatera Utara) ke Desa Greahan yang jaraknya 18 kilometer.

Sesuai dengan skenario diatas, hal yang perlu dilakukan pertama saya akan menyiapkan tower di sisi Tanjung Morawa (Site A) dan sisi Desa Greahan (Site B). Kemudian nantinya akan dipasang radio Wireless 5.8 GHz dengan menggunakan Radio PowerBeam 5AC di kedua Site.

Di aplikasi AirLink akan terlihat ternyata dibutuhkan ketinggian 25 meter untuk Site A dan 25 meter untuk Site B

Hitung biaya tower dan perangkat wifi


Router wifi yang digunakan pada artikel ini, bisa diganti dengan merk/type lain sesuai selera

Mengacu pada skenario yang penulis sebutkan diatas untuk memasang wifi akan kita coba bedah satu persatu, tinggal di sesuaikan dengan kondisi di tempat tinggal kamu. Sebagai acuan, disini penulis berikan sedikit gambaran untuk estimasi budget pemasangan wifi:

Nama Perangkat Harga Qty Jumlah
Tower Triangle Site A Rp. 500.000 7 Rp. 3.500.000
Tower Triangle Site B Rp. 500.000 7 Rp. 3.500.000
Powerbeam 5AC Site A Rp.1.750.000 1 Rp. 1.750.000
Powerbeam 5AC Site B Rp.1.750.000 1 Rp. 1.750.000
Kabel FTP SPC 1000ft Rp. 515.000 1 Rp. 515.000
RJ45 + Crimping Tools Rp. 150.000 1 Rp. 150.000
Router Wifi Tenda AC7 Rp. 360.000 1 Rp. 360.000
Jasa pasang/setting Radio Rp. 1.000.000 1 Rp. 1.000.000
Total     Rp. 12.525.000

tabel ini adalah estimasi biaya minimum, biaya tambahan pasti muncul tergantung kondisi di lapangan

Biaya-biaya tambahan yang mungkin muncul, menyesuaikan dengan selera kamu:

Nama Perangkat Harga Qty Jumlah
Anti Petir/Surge Arrester Rp. 4.500.000 1 Rp.4.500.000
Switch TP-Link 16 Port Rp. 85.000 1 Rp. 85.000
Mikrotik Routerboard Rp. 655.000 1 Rp. 655.000
Total     Rp. 5.240.000

 

Untuk pemasangan perangkat-perangkat yang disebutkan diatas tentu tidak semua pembaca mengetahuinya, sebagai contoh tower wifi yang tertera diatas sudah termasuk ongkos pemasangan yang meliputi pemasangan kawat sling dan pondasi.

Namun biaya pemasangan sebenarnya relatif murah. Nilai jasa yang disebutkan hanya sebagai estimasi, dan bisa bervariasi tergantung wilayah kamu. Adalah nilai tambah jika kamu mau mempelajari cara setting perangkat wifi secara otodidak dan tutorialnya banyak bertebaran di internet.

Pemasangan Tower dan Wifi


pemasangan radio powerbeam pada tower triangle

Kini tibalah saatnya hari pemasangan tower wifi menurut simulasi dan perangkat yang disebutkan diatas. Hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan selama pemasangan antara lain

Pemasangan Radio Powerbeam 5AC 5.8 GHz

  • Pemasangan tower dan radio wifi dilakukan pada kondisi cuaca cerah
  • Lakukan pointing radio Powerbeam 5AC 5.8 GHz di kedua sisi dengan tepat dan usahakan signal internet menunjukkan di angka kisaran -50 dBm sampai -60 dBm. Ini artinya kekuatan signal sudah optimal untuk jarak 18 km
  • Pasang kabel FTP dan kencangkan dengan baik pada tower, usahakan kabel tidak terluka selama pemasangan.
  • Atur konfigurasi radio pada Site A dan Site B. Beri IP lokal pada kedua radio untuk memudahkan pengecekan.
  • Atur SSID dan masukkan sandi/password yang aman. Direkomendasikan minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf dan angka.
  • Uji bandwidth real pada perangkat dalam kondisi terhubung. Secara teoritis hasil simulasi menunjukkan bandwidth yang dapat dilewatkan sebesar 250 Mbps.
  • Jika semua sudah benar maka hasil uji bandwidth test akan menyamai simulasi yang dilakukan sebelumnya atau paling tidak mendekati sampai 90%

Pemasangan Router Wifi Tenda AC7

  • Sambungkan Router Wifi Tenda AC7 ke kabel FTP yang mengarah ke tower (Radio Powerbeam 5AC 5.8 GHz) pada port WAN router.
  • Login ke IP default yang tertera pada buku manual atau bisa dengan mengakses tendawifi.com via browser
  • Atur perangkat wifi ke mode Router dan pengaturan wifi 2.4 GHz ke dynamic. Ini yang akan terhubung ke ponsel/laptop nantinya.
  • Masukkan nama wifi (SSID) perangkat wifi sesuai selera yang diinginkan
  • Atur sandi/ sandi/password yang aman. Direkomendasikan minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf dan angka.

Selesai. Jika kamu sudah sampai disini berarti kamu sudah berhasil, selamat. Jika kamu menemui kesulitan selama proses pemasangan, selalu baca buku manual yang disertakan dengan perangkat dan jangan lupa belajar tutorial pengaturan wifi sangat banyak di internet, silahkan dipelajari secara otodidak.

Beberapa saran setelah pemasangan wifi


Akhir kata, berikut tadi cara pasang wifi di tempat yang belum punya sinyal internet. Kamu juga dapat memanfaatkan internet yang kamu bangun ini untuk dijadikan usaha jualan voucher internet atau membangun RT/RW net ini lazim digunakan sebagai cara usaha wifi di kampung, sehingga dapat menambah pemasukan kamu.

Jika informasi yang diberikan dirasakan bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman/rekan kamu. Terima kasih telah membaca dan jangan lelah untuk belajar dan mencoba ya!

Rekomendasi artikel menarik untuk dibaca
💻 Cara memasang Akses Poin WIFI hotspot untuk internet di Mobil dan Bis
💻 Cara pasang wifi sendiri dirumah, lengkap dan mudah
💻 Daftar paket dan provider internet wifi berlangganan di Medan

Rate Artikel


Komentar Artikel

Toto
03 Aug 2021 | 15:32:58

sore min, tolong apakah ini bisa di buat sendiri,,, atau ada refrensi yg bisa admin kenalkan utk di daerah bogor, pasir madang

admin@semangkablog
05 Aug 2021 | 10:45:09

Bisa dibuat sendiri, namun jika kurang mengerti mengenai teknis bisa cari teman yang mengerti cara setting radio dan pemasangan tower kecil. Untuk saat ini mimin belum bisa merekomendasikan areal bogor. Salam 🙏

Ade Rizki tamamudin
19 Aug 2021 | 14:38:33

D tempat saya tidak ada sinyal ,apakah anda bisa memasang wifi

Wendi wahyudi
16 Oct 2021 | 11:37:07

Saya ingin memasang wifi ini di desa saya, karna di desa saya tidak ada sinyal sampai saat ini.. Mohon bantuan keterangan lebih lanjut.. No hp saya 081366618669

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial