Home » Komputer » Jaringan Komputer

Cara pasang wifi sendiri dirumah, lengkap dan mudah

Easy and comprehensive step how to setup wifi at home

  • 26 Jan 2021
  • 630
  • Andy. H

Internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari anak sekolah, karyawan, ibu rumah tangga, sampai skala perusahaan membutuhkan internet sebagai sumber informasi di era modern yang serba cepat dan dinamis.

Wifi adalah sumber internet yang menggunakan frekuensi 2.4 GHz yang banyak ditemui pada perangkat sehari-hari seperti ponsel, laptop, tablet, komputer dan perangkat lainnya.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai apa-apa saja yang dibutuhkan untuk membuat jaringan wifi sendiri di rumah dengan lengkap dan mudah mulai dari yang paling sederhana.

Daftar Isi


{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "article", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Loading ...

Wifi Hotspot via tethering ponsel

tampilan pengaturan hotspot pada ponsel Android

Jika kamu memiliki ponsel berjenis Android maka kamu sudah bisa membuat jaringan wifi sendiri dirumah. Caranya dengan mengaktifkan mode "Hotspot" atau "Portable Hotspot" atau "Tethering" di ponsel kamu. Menu ini bisa diakses melalui pengaturan.

Catatan : Kamu harus memiliki paket internet agar dapat berfungsi, karena internet akan bersumber dari ponsel yang akan kamu jadikan hotspot.

Silahkan buka pengaturan dan cari menu tersebut kemudian aktifkan, lalu kamu dapat mengisikan nama hotspot wifi (SSID) yang kamu inginkan.

Kemudian atur keamanannya di WPA2 PSK untuk metode pengamanan terbaik, lalu isi password/sandi yang aman.

Kata sandi yang disarankan adalah menggunakan kombinasi huruf dan angka berjumlah minimal 8 karakter.

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat jaringan wifi sederhana dirumah tanpa menggunakan modem, selanjutnya silahkan koneksikan laptop dan perangkat lainnya yang ingin diberi akses internet dengan menggunakan sandi/password yang telah dibuat. Cara ini adalah yang paling sederhana.

Adapun keuntungan menggunakan sistem tethering hotspot via ponsel antara lain:

  • Praktis, tidak memerlukan modem tambahan/modem portabel.
  • Bisa digunakan di mana saja sepanjang ada sinyal seluler 3G atau 4G.
  • Tidak memakai jaringan kabel internet.

 

Kekurangan menggunakan sistem wifi via tethering ponsel

  • Baterai ponsel lebih cepat habis, sehingga durasi menggunakan hotspot tidak bisa lama.
  • Kuota internet lebih cepat habis karena tidak bisa mengontrol pemakaian pengguna lainnya.
  • Jangkauan wifi terbatas, hanya dapat digunakan sekitar 5 meter dari ponsel sumber internet.

Wifi Hotspot via Modem portabel 4G GSM/CDMA

modem portabel Telkomsel Orbit yang baru-baru ini diluncurkan

Cara kedua adalah dengan menggunakan modem portabel 4G GSM/CDMA yang banyak tersedia di pasaran.Prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan internet yang bersumber dari sinyal seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL dll.

Harga modem yang tersedia di pasaran bervariasi, mulai dari 300 ribuan sampai dengan jutaan rupiah tergantung dari spesifikasi modem portabel tersebut. Adapun contoh merk modem portabel 4G GSM/CDMA yang populer diantaranya:

Merk Harga Provider
Mifi Huawei E5573 4G LTE Rp ±385.000 Semua Provider 4G LTE
Mifi Huawei E5577 4G LTE Rp ±400.000 Semua Provider 4G LTE
Huawei B312 Orbit Star Rp ±799.000 Telkomsel 4G LTE
Mifi Bolt Huawei E5372 Rp ±260.000 Semua Provider 4G LTE
Mifi Modem Wifi 4G XL Go Rp ±649.000 XL 4G LTE
Mifi Andromax M3Z Rp ±325.000 Smartfren 4G LTE

 

Untuk cara langkah setting terbilang cukup mudah, cara kerjanya adalah dengan mengaktifkan terlebih dahulu paket internet yang diinginkan lewat aplikasi.

Sebagai contoh jika kamu membeli Mifi Huawei E5577 4G LTE dan kartunya adalah Telkomsel, maka langkahnya sebagai berikut:

  • Masukkan terlebih dahulu kartu SIM-nya ke ponsel
  • Selanjutnya buka aplikasi MyTelkomsel, jika belum punya silahkan download di Play Store
  • Kemudian lihat paket internet dan harganya, isi pulsa dan pilih sesuai paket yang diinginkan
  • Selanjutnya jika internet sudah aktif, lepaskan kartunya dan masukkan ke modem Mifi
  • Di modem Mifi, ubah pengaturan Nama hotspot, aktifkan pengaturan WPA2 PSK dan sandi/password.
  • Jika masih bingung silahkan lihat buku petunjuk yang ada pada paket penjualan Mifi, caranya mungkin berbeda namun kurang lebih sama.
  • Selesai, kamu bisa hubungkan internet ke modem Mifi hotspot.

 

Adapun kelebihan menggunakan modem portabel antara lain:

  • Baterai lebih tahan lama dibandingkan tethering via ponsel.
  • Koneksi internet lebih stabil.
  • Jangkauan lebih jauh, sekitar 10 meter karena sinyal wifi lebih kuat.
  • Beberapa tipe modem bisa diupgrade dengan menggunakan antena tambahan sehingga jangkauan wifi bisa lebih jauh lagi, misalnya 50 meter.

 

Kekurangan menggunakan modem portabel

  • Pengisian paket kuota internet agak sulit, karena kartu SIM harus dilepas dulu.
  • Belum bisa mengontrol penggunaan internet pengguna wifi.
  • Jika baterai rusak, penggantian baterai agak sulit dilakukan.

Berlangganan wifi kabel / IndiHome

penarikan kabel fiber oleh teknisi telkom

Banyak penyedia internet seperti IndiHome, Biznet, MyRepublic dan lainnya yang menawarkan paket berlangganan internet sampai ke rumah. Kamu bisa menggunakan jasa mereka untuk memasang wifi di rumah.

Prinsip kerja berlangganan internet kabel adalah internet disalurkan melalui media kabel telepon atau kabel fiber optik yang tersedia di lingkungan sekitar rumah kamu.

Adakalanya jaringan kabel ini belum mencakup wilayah tempat tinggal kamu, untuk memastikan jaringan internet yang sudah tercover, kamu dapat mengecek pada website resmi layanan atau menghubungi Call Center layanan internet.

Penyedia Internet Kabel Nama Produk
Telkom IndiHome
Midplaza Holding Biznet
MyRepublic Indonesia MyRepublic
MNC MNC Play
LinkNet First Media
CBN CBN Fiber

Beberapa layanan internet kabel yang populer di Indonesia

Layanan internet yang ditawarkan harganya bervariasi, mulai dari kisaran 300 ribu rupiah perbulan sampai dengan jutaan rupiah, tergantung jenis paket dan besaran bandwidth yang dipilih.

Biasanya internet Telkom Indihome adalah layanan yang paling luas jangkauannya dan memiliki pelanggan terbanyak, sehingga internet kabel ini adalah yang paling populer di Indonesia.

Kamu bisa mengecek di sekitar rumah apakah ada tiang telepon yang terpasang, jika tidak terlalu jauh (biasanya sekitar 50-100 meter) maka kemungkinan besar jaringan wifi bisa dipasang.

Sebagai contoh, jika kamu berencana ingin pasang wifi sendiri dirumah dengan menggunakan jaringan internet IndiHome, prosedur yang perlu kamu lakukan:

  • Mendatangi langsung Plasa Telkom dan menyatakan maksud ingin berlangganan. Silahkan lihat alamat kantornya yang terdekat dengan domisili kamu, bisa menggunakan pencarian di Google Maps.
  • Pilih jenis paket yang diinginkan, biasanya 1P untuk internet, 2P untuk internet dan telepon, 3P untuk internet, telepon, tv kabel. Harga bervariasi tergantung lokasi masing-masing.
  • Petugas akan datang ke rumah dan melakukan survei lokasi
  • Jika lokasi memungkinkan petugas akan melakukan penarikan kabel jaringan internet ke rumah.
  • Selanjutnya proses instalasi modem dan konfigurasi wifi dilakukan oleh teknisi Telkom, untuk pengaturan seperti nama wifi dan password bisa diatur sesuai selera kamu.

 

Adapun kelebihan menggunakan layanan internet kabel (Indihome) diantaranya

  • Koneksi yang jauh lebih stabil dibandingkan dengan modem hotspot portabel
  • Tidak ada kuota internet, namun ada pembatasan FUP (Fair Usage Policy) yang artinya kecepatan internet akan menurun jika penggunaan internet melampaui ambang batas penggunaan normal.
  • Kecepatan (bandwidth) internet yang ditawarkan lebih besar dibandingkan internet seluler yang kecepatannya sangat berfluktuasi tergantung sinyal seluler.
  • Jangkauan internet bisa lebih jauh, karena menggunakan modem wifi yang sudah dilengkapi antena eksternal. Kira-kira dapat menjangkau sampai dengan 50 meter.

 

Sementara kekurangan berlangganan internet wifi kabel

  • Jika ada gangguan internet, maka perbaikan internet lebih lama. Sekitar 2x24 jam untuk masa perbaikannya.
  • Tidak dapat dipindah-pindahkan seperti layaknya modem wifi portabel.
  • Tagihan bulanan berjalan terus walaupun internet tidak/jarang digunakan.
  • Harga paket lebih tinggi, karena pembayaran sistem berlangganan bulanan. Jika dibandingkan dengan internet seluler, kamu dapat berhenti kapan saja.

 

Baca jugaCara pasang wifi di tempat yang belum punya sinyal internet

Berlangganan wifi dedicated

contoh pemasangan jaringan internet dedicated dengan menggunakan radio ubiquiti

Mirip dengan langganan internet seperti IndiHome. Wifi dedicated adalah layanan wifi yang diperuntukkan bagi rumah/kantor/sekolah yang sifatnya lebih corporate/usaha.

Internet ini sangat cocok untuk perkantoran/UKM yang membutuhkan internet dengan fasilitas yang lebih banyak, misalnya IP publik statik, remote routing, web server, CCTV dan sebagainya.

Untuk harga paket internet dedicated sendiri lebih tinggi dari layanan internet kabel biasa, sebagai contoh layanan dedicated Astinet dari Telkom dibanderol dengan harga sekitar Rp. 2,7 juta rupiah perbulannya dengan kecepatan 3 Mbps (harga bisa berbeda tergantung lokasi pelanggan).

Layanan internet ini biasanya menggunakan tower kecil/tower triangle yang ditempatkan di sekitar areal rumah/kantor. Namun ada juga yang sudah memakai sistem koneksi kabel fiber optik seperti IndiHome.

Dengan menggunakan tower kecil/tower triangle maka koneksi internet tidak akan terbagi/kongsi dengan pelanggan lain. Sehingga bandwidth internet yang didapat murni hanya pemakaian kamu sendiri.

Beberapa penyedia internet dedicated diantaranya:

Penyedia Internet Dedicated Nama Produk
Telkom Astinet
CBN CBN Premier
PLN/Icon+ IConect
Nusanet Nusanet Dedicated
Lintasarta Lintasarta Dedicated

Jika kamu tertarik menggunakan internet dedicated misalnya Astinet, kamu dapat datang ke Plasa Telkom dan pemasangan akan dilakukan setelah dilakukan survei di lokasi rumah/kantor. Pemasangan internet biasanya memakan waktu sedikit lebih lama.

Keunggulan berlangganan internet/wifi dedicated:

  • Internet lebih stabil dibandingkan internet biasa, kecepatan bandwidth 1:1 atau 1:4 tergantung paket yang diambil.
  • Tanpa batasan kuota internet ataupun FUP
  • Adanya fitur tambahan seperti port forwarding dan port routing.
  • Adanya IP statik, sehingga cocok untuk penggunaan server website maupun CCTV.
  • Layanan pelanggan lebih privat dan umumnya tidak memiliki antrian.
  • Keamanan jaringan lebih kuat

 

Kekurangan berlangganan internet/wifi dedicated:

  • Harga lebih tinggi, bisa mencapai 3 atau 4 kali lipat harga internet shared seperti IndiHome
  • Bandwidth yang diberikan cukup kecil jika dibandingkan dengan internet shared
  • Biaya pemasangan awal yang cukup besar, karena menggunakan tower kecil/triangle

Kesimpulan

Berikut tadi langkah memasang wifi sendiri di rumah yang lengkap dan mudah dilakukan. Untuk pembahasan lebih mendalam seputar cara pasang dan setting akan dibahas pada artikel selanjutnya. Jika kamu memiliki saran atau pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar ya!

Baca jugaCara memasang Akses Poin WIFI hotspot untuk internet di Mobil dan Bis

 

Terima kasih telah membaca, jika informasi ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-teman kamu, happy surfing!

Komentar Artikel

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru