0


{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Pertanian » Kelapa Sawit

Arti dan definisi Kelapa Sawit serta manfaat yang diberikan

Meaning and definition of Palm Oil and the benefits it provides

Kelapa sawit adalah tumbuhan industri/perkebunan yang digunakan sebagai bahan baku untuk produk-produk minyak nabati seperti minyak goreng, produk bahan bakar seperti BBM biofuel, dan banyak produk-produk turunan lainnya.

Manfaat Kelapa Sawit

Dari mana asal-usul tanaman kelapa sawit dan apa saja manfaatnya? Yuk simak satu persatu



Asal-usul Tanaman Kelapa Sawit


Pengetahuan Dasar Tentang Kelapa Sawit

Pohon Kelapa Sawit terdiri dari dua spesies antara lain Elaeis Guineensis dan Elaeis Oleifera yang buahnya dapat diproses menjadi minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

Sejarah Kelapa Sawit

Kelapa Sawit adalah tanaman yang tergolong kedalam spesies dengan nama latin kelapa sawit yaitu Elaeis Guineensis mulanya berasal dari Afrika barat diantara Angola dan Gambia, dan pohon kelapa sawit Elaeis Oleifera, berasal dari Amerika tengah dan Amerika selatan.

Kelapa Sawit Termasuk Tanaman Apa?

Kelapa Sawit adalah tanaman keras. Tanaman keras ini menjadi populer setelah revolusi industri pada akhir abad ke-19 yang menyebabkan tingginya permintaan minyak nabati untuk bahan pangan dan industri sabun (Dinas Perkebunan Indonesia, 2007: 1).

Apa saja kegunaan dan kandungan minyak kelapa sawit?

Produk yang dihasilkan dari Kelapa Sawit dan Manfaatnya


Kandungan dan manfaat kelapa sawit

Minyak kelapa sawit adalah minyak nabati yang memiliki kandungan lemak jenuh dan tak jenuh, vitamin E, beta-karoten, dan juga memiliki efek antioksidan. Perlu diketahui, manfaat kelapa sawit tidak hanya dapat dijadikan minyak, tapi bisa juga dijadikan produk bermanfaat lainnya

Hasil Olahan Kelapa Sawit

Kelapa sawit harus di olah terlebih dahulu menjadi minyak sawit mentah (CPO) sebelum dilanjutkan pengolahannya kembali menjadi beberapa turunan produk yang berbeda. Produk tersebut diantaranya

Minyak makan atau Minyak Goreng


Produk yang paling populer, minyak goreng dibuat dengan mengolah CPO dalam beberapa proses lanjutan diantaranya pemurnian (refining) dan secara fisik dan kimia, degumming, bleaching, dan deodorizing. Minyak goreng adalah produk yang paling populer digunakan dan terbukti lebih bergizi

Minyak kelapa sawit mengandung salah satu lemak sehat yang bernutrisi dengan keunggulannya tidak mengandung asam lemak trans (Trans Fatty Acid/ TFA) atau lemak terhidrogenasi. Selain memiliki kandungan lemak sehat, juga dalam setiap 1 liter minyak kelapa sawit mengandung 20% Vitamin A, antioksidan tokoferol dan tokotrienol. Dengan pemakaian sehari-hari yang tepat guna, minyak sawit lebih sehat untuk kesehatan. (Infosawit).

BBM Biofuel


Produk bahan bakar minyak nabati yang ramah lingkungan dibuat dengan memurnikan minyak CPO dan beberapa proses lanjutan yang melibatkan penambahan katalisator untuk meningkatkan kecepatan produksi.

Produk ini digunakan pada kendaraan bermesin diesel yang diberi nama dengan BBM B20, BBM B30, BBM B50 dan BBM B100. BBM B20 artinya ada 20 persen komposisi minyak CPO sebagai campuran BBM Solar minyak bumi.

Dengan menggunakan BBM Biodiesel, mesin menjadi lebih bersih karena pembakaran lebih sempurna sehingga menghasilkan emisi lebih rendah dan mempengaruhi perubahan iklim menjadi lebih baik.

Sabun dan Sanitizer


Sebagai campuran pada pengolahan produk sabun seperti sabun padat, yang digunakan untuk sabun mandi, sabun cair seperti sabun cuci piring, produk sanitizer seperti hand sanitizer. Minyak kelapa sawit membantu menjaga kulit tetap bersih dan lembab sehingga menjadikannya bahan yang ideal untuk sabun.

Dengan minyak kelapa sawit, sabun tidak licin saat diletakkan di tempat sabun, bertekstur halus dan lentur, berwarna dan harum jika dipakai atau jernih dan sederhana saat dibiarkan. coklat mencair di cuaca panas dan membuat selai cokelat mudah dioles.

Margarin dan Mentega


Minyak kelapa sawit memiliki peran istimewa bagi margarin dan mentega oles – minyak itu membuat keduanya lebih mudah dioleskan dan mencegah olesannya tercecer dari roti panggang.

Disamping itu minyak kelapa sawit menjaga agar bebas dari lemak trans berbahaya, dapat langsung dioles saat keluar dari kulkas, dan cocok untuk kaum vegan maupun vegetarian

Kue kering


Minyak kelapa sawit sebagai campuran dalam industri pembuatan kue kering seperti Oreo, tekstur kue kering yang dihasilkan dengan minyak kelapa sawit membuat kombinasi renyah dan lembut, garing di luar namun lembut di dalam.

Disamping itu menggunakan minyak kelapa sawit sebagai bahan olahan membuat kue kering bebas dari lemak trans yang berbahaya.

Mie Instan


Minyak kelapa sawit digunakan sebagai bahan campuran untuk pengolahan mie instan seperti IndoMie, Dengan menggunakan minyak kelapa sawit akan menghemat waktu dan energi ketika kita memasak mi mentah.

Serta manfaat yang diberikan dapat membuat mie dapat dikeringkan dengan baik dan mempermudah proses penyimpanan. Menggunakan Minyak kelapa sawit dalam mie instan akan membuat mie memiliki umur yang panjang di rak, bisa dimasak dengan cepat dan ramah bagi kaum vegetarian.

Baca JugaDaftar istilah dan nama peralatan dalam Pabrik Kelapa Sawit

Shampoo


Minyak kelapa sawit sebagai agen conditioning aktif yang ada di dalam banyak shampoo. Jadi jika rambut kamu lembut dan halus, itu karena minyak kelapa sawit. Minyak kelapa sawit membuat rambut lebih bersih, segar, dan sehat. Membuat rambut lebih lembut dan halus, bebas dari ujung yang kering, dan bercabang.

Lipstik


Minyak kelapa sawit dapat membuat lipstik memiliki kemampuan menahan warna yang cukup baik. Minyak tidak gampang meleleh pada suhu tubuh.

Minyak kelapa sawit menjadikan lipstik mudah dipakai dan dihapus dapat menahan warna yang mencolok dengan tekstur mengkilap dan tetap di tempatnya ketika kita menginginkannya.

Deterjen dan Sabun Laundry


Minyak kelapa sawit adalah zat yang digunakan untuk menghasilkan sodium lauryl sulfate, agen pembentuk busa efektif, yang dipakai dalam deterjen untuk menjaga agar pakaian kita tetap bersih.

Dengan minyak kelapa sawit detergen dapat berbusa ketika terkena air.Dapat membersihkan pakaian secara merata dan menyeluruh, serta membuat pakaian segar dan tidak berbau.

Coklat dan selai coklat


Secara alami minyak kelapa sawit tidak memiliki rasa dan tidak berbau, mudah dioleskan pada suhu ruangan, serta memiliki tekstur halus dan lembut. Produk yang dapat kamu jumpai seperti coklat oles Nutella menggunakan minyak kelapa sawit.

Hal ini yang menjadikannya bahan sempurna untuk cokelat dan selai coklat. Minyak kelapa sawit dapat menjamin kelembutan isi truffle cokelat, mencegah coklat mencair di cuaca panas dan membuat selai cokelat mudah dioles.

Produk Lain dari Kelapa Sawit


Selain yang disebutkan diatas, tanaman kelapa sawit juga masih memberikan produk-produk bermanfaat yang dihasilkan dari batangnya yaitu Nira yang dapat diolah menjadi Gula Merah.

Baca JugaSelain Minyak Goreng, Pohon Sawit Bisa Menghasilkan Nira Menjadi Gula Merah


Batangnya juga dapat diolah menjadi produk lain seperti bahan perabot seperti mebel, daunnya dapat digunakan menjadi sapu lidi atau keranjang, serta limbahnya tandan kosong dan limbah cair (Palm Oil Mill Effluent/POME) dapat di olah kembali menjadi pupuk yang berguna bagi tanaman sawit itu sendiri.

Rate Artikel


Komentar Artikel

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial