0


{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Tutorial » Komputer

Cara mengganti Power Supply komputer (PC)

Adakalanya Power Supply komputer mengalami kerusakan sehingga perlu diganti, namun sebenarnya kita tidak perlu repot-repot ke teknisi komputer untuk memasang power supply yang baru karena memasang komponen ini terbilang cukup mudah.



Apa itu Power Supply?


Posisi Power Supply pada sebuah komputer (PC)

Power supply adalah perangkat yang menyuplai daya listrik ke bagian-bagian tertentu pada komputer kamu. Dia terletak didalam casing komputer dan biasanya terletak pada posisi teratas, namun beberapa jenis komputer ada juga yang meletakkan power supply pada bagian bawah tergantung bagaimana desain dari casing komputer itu sendiri.

Pada umumnya setiap komputer memiliki sebuah power supply yang cara kerjanya adalah mengubah arus bolak balik AC 220 volt (input) menjadi arus listrik searah DC (output).

Output pada Power Supply


(Jenis konektor yang umum pada sebuah Power Supply)

Output

Secara standar output pada power supply ditandai dengan kabel berwarna-warni yang terdiri atas terdiri atas beberapa jenis:

  • 20+4 pin (24 pin) yang dipasangkan ke Motherboard.
  • 4 pin yang dipasangkan ke Motherboard juga
  • 15 pin yang dipasangkan ke Hard Disk jenis SATA
  • 4 pin yang dipasangkan ke Hard Disk jenis ATA
  • 4 pin yang dipasangkan ke DVD-ROM, dan kipas casing
  • 4 pin yang dipasangkan ke Floppy Drive

Gejala Kerusakan pada Power Supply


Kapasitor menggelembung (capacitor plague) disebabkan panas berlebih dalam waktu lama

Power supply yang telah mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan gejala-gejala sebagai berikut:

  1. Komputer tidak bisa dihidupkan sama sekali
    Terjadi disebabkan output listrik yang dikeluarkan power supply tidak stabil atau ada salah satu pin yang tidak terhubung dengan baik ke motherboard. Sehingga motherboard tidak mendapat listrik sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Komputer bisa hidup, namun sekitar 1-2 detik langsung kembali mati.
    Disebabkan karena output listrik yang dikeluarkan power supply tidak sesuai dengan semestinya. Misalnya seharusnya keluar 3 volt, tetapi yang hanya 1-2 volt. Sehingga motherboard mematikan diri secara otomatis.
  3. Komputer bisa hidup namun ketika melakukan membuka aplikasi langsung kembali mati.
    Disebabkan ketika motherboard dan hard disk ingin mengambil daya listrik lebih besar namun power supply tidak mampu memberikannya sehingga mematikan diri secara otomatis.
  4. Komputer hidup tetapi tidak muncul apa-apa di layar (black screen)
    Disebabkan karena output listrik kurang stabil saat memasuki motherboard, namun masih dapat ditoleransi, akan tetapi chipset grafis kekurangan daya sehingga tidak muncul tampilan apa-apa.
Baca juga : Penyebab komputer sering mati sendiri dan Cara mengatasinya


Umumnya kerusakan pada Power Supply diakibatkan lonjakan listrik dari input yang kurang stabil, atau bisa juga dikarenakan kipas pendingin berhenti berputar akibat sirkulasi terganggu karena debu yang menumpuk sehingga menyebabkan panas berlebih (overheat) dan kapasitor-kapasitor yang ada menggelembung dan tidak dapat menyimpan listrik dengan semestinya.

Tutorial Singkat Penggantian Power Supply

Melepas kabel power supply yang terhubung ke Motherboard


Melepaskan kabel konektor power 24 pin dan 4pin yang terhubung ke motherboard

Lepaskan konektor 24 pin dan 4 pin yang terhubung ke motherboard. Kabel ini memiliki pengait jadi pastikan untuk sedikit menekan pengaitnya agar mudah dilepaskan. Lepaskan konektor yang terhubung ke Hard Disk, lakukan hal yang sama dengan DVD-ROM (bila ada).

Buka baut Power Supply


Buka baut pengunci yang ada di belakang casing komputer

Dengan menggunakan obeng (+) lepaskan baut yang terletak di belakang power supply. Jumlahnya ada 4 buah. Lalu keluarkan power supply

​​​​​​​Memasang Power Supply Baru


Pasang kembali power supply

Langkah-langkah memasang power supply

Cara memasang power supply kembali adalah kebalikan dari langkah diatas, masukkan power supply ke lokasi semula, lalu pasang keempat bautnya. Pasang kembali kembali konektor 24 pin dan 4 pin ke motherboard. Pasang juga kabel konektor yang ke hard disk dan DVD-ROM.

Pasang kembali kabel front panel, berikut cara memasang kabel front panel pada Motherboard

Pro tips : Pastikan kabel tidak menutupi kipas prosesor dan rapikan kabel-kabel dengan pengikat kabel (cable ties) agar sirkulasi udara bisa mengalir dengan lancar.

Setelah kabel terpasang dengan ketat silahkan pasang penutup casing komputer dan nyalakan komputer kamu seperti biasa.

Saran-saran saat memasang Power Supply


Apa yang harus diperhatikan dalam mengganti power supply?

Jika kipas power supply tidak dapat berputar, dapat diakali dengan melumasi kipas yang ada didalam. Caranya, buka tutup power supply, kemudian lepaskan kipasnya. Dibelakang kipasnya biasanya ada sticker, lepaskan stickernya dan buka penutup pada poros kipas tersebut. Biasanya penutup terbuat dari karet sehingga dapat dengan mudah dilepaskan. Setelah itu gunakan pelumas gemuk (grease) atau dapat juga menggunakan pelumas rantai motor (chain lube). Namun umumnya pelumas rantai tidak bertahan lama karena komposisinya lebih cair.

Terima kasih telah membaca, jika informasi ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-teman kamu.

Rate Artikel


Komentar Artikel

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial