0


{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Komputer » Blogging

Cara Menghasilkan Uang Di Quora Beserta Tips Lengkapnya

Quora adalah platform tanya jawab yang telah berdiri sejak tahun 2010. Dengan bermisi situs pertukaran pengetahuan, situs yang bermarkas di California, Amerika Serikat ini hidup dengan dana donasi dan periklanan yang ada pada platform tersebut.

Di Indonesia sendiri, situs Quora versi bahasa Indonesia telah diluncurkan pada tahun 2018, dan memiliki pengguna lebih dari 1 juta orang Indonesia dan 300 juta lebih pengguna di seluruh dunia.

Untuk itu penulis yang telah menghasilkan dari platform ini akan memberikan beberapa tips dan insight tentang cara menghasilkan uang di Quora



Aturan di Quora


Di Quora, setiap pengguna dapat mendaftarkan diri secara gratis, dapat mengajukan pertanyaan, memberi jawaban, memberi dukungan naik atas pertanyaan dan jawaban yang ada. Quora mengharuskan setiap penggunanya memiliki identitas yang sebenarnya (tidak membolehkan akun palsu / fake account), dan harus mematuhi prinsip BNBR (be nice, be respectful).

Beberapa aturan-aturan yang harus dipenuhi diantaranya:

  1. Menggunakan identitas asli, baik itu nama dan kredensialnya.
  2. Tidak boleh mengajukan pertanyaan yang sudah pernah ditanyakan sebelumnya.
  3. Mempromosikan produk, merk dagang, atau mengambil hak intelektual orang lain
  4. Mengagungkan kekerasan, ujaran kebencian, melecehkan dan merundung pengguna lainnya.
  5. Melakukan praktik-praktik spamming.

Quora memiliki sistem moderasi yang cukup baik, laporan pelanggaran dapat diajukan untuk dimoderasi oleh Quora. Dan biasanya konten bermasalah akan di takedown dengan cukup cepat, semisalnya ada sistem otomatisasi (AI) yang dapat mengidentifikasi konten pertanyaan duplikat dan menggabungnya dengan pertanyaan sejenis.

Memonetisasi Konten Quora


Konten yang menghasilkan pendapatan di Quora adalah mengajukan pertanyaan, ya kamu tidak salah baca. Hanya pertanyaan saja yang dapat dimonetisasi, sedangkan jawabannya tidak.

Mengapa pemberi pertanyaan yang mendapatkan uang?

Walaupun kamu membaca jawaban-jawaban bagus di Quora, yang menghasilkan tetaplah si pengaju pertanyaan tersebut, bukanlah pemberi jawabannya. Terdengar sangat aneh bukan? Karena effort membuat jawaban tentu lebih besar ketimbang membuat pertanyaan. Tapi begitulah Quora, aturan tersebut berlaku disana.

Prinsip monetisasi ini bukan dibuat tanpa alasan, Quora menerapkan demikian menurut saya, jawaban tidak akan ada jika tidak ada pertanyaan. Cukup logis bukan? Karena Quora selalu kekurangan pertanyaan maka yang berhak mendapatkan uang adalah mereka-mereka yang mengajukan pertanyaan.

Mulanya pertanyaan-pertanyaan ini dibuat oleh staff yang bekerja di Quora, seiring waktu dan pertumbuhan penggunanya pertanyaan tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan sehingga Quora membuat sistem Mitra Quora.

Yang artinya Quora menunjuk beberapa dari penggunanya yang dianggap layak untuk membuat pertanyaan dengan imbalan sejumlah uang dengan nilai tertentu.

Menjadi Mitra Quora


Sampai saat ini belum ada informasi yang akurat tentang bagaimana cara Quora merekrut mitranya, namun ada sejumlah anggapan dan pengalaman dari Mitranya yang mungkin bisa dijadikan acuan atau tolak ukur kriteria tentang bagaimana diterima menjadi mitra Quora.

Penulis blog ini, saya sendiri adalah seorang pengguna Quora yang telah diundang dan ditunjuk menjadi Mitra Quora. Saya merupakan mitra quora dari platform Quora Inggris dan Indonesia mulai tahun 2018 sampai saat ini. Beberapa mitra quora lainnya ada yang diundang hanya di platform Indonesia saja, dan bisa juga sebaliknya.

Untuk itu saya akan berbagi pengalaman bagaimana saya diundang menjadi mitra Quora melalui tulisan saya yang lainnya di blog ini. Mungkin kamu bisa mengikuti cara-cara yang pernah saya lakukan agar diundang dan diterima menjadi Mitra Quora.

Besaran Penghasilan Mitra Quora


Quora menetapkan beberapa kriteria khusus untuk menentukan besaran penghasilan atas pertanyaan yang diajukan seorang mitra. Sebagai contoh, pertanyaan yang diajukan bisa saja bernilai tinggi dan ada juga yang bernilai rendah.

Bagaimana Quora menentukan nilai pertanyaan?

Pertanyaan yang diajukan seorang mitra dinilai berdasarkan tayangan dan impresi iklannya. Jadi semakin banyak tayangan atas pertanyaan tersebut maka semakin tinggi pula impresi iklan yang ditayangkan.

Beberapa kriteria pertanyaan yang memiliki nilai tinggi:

  1. Pertanyaannya memiliki jawaban. Artinya pertanyaan yang diajukan harus ada penjawabnya (yang merupakan kontribusi dari pengguna Quora lainnya). Atau boleh juga pertanyaan tersebut kita jawab sendiri. Ini diperbolehkan oleh Quora dan tidak menyalahi aturan.
  2. Pertanyaannya populer. Artinya pertanyaan ini sering ditanyakan orang atau menarik banyak perhatian. Dengan kata lain, belum banyak informasi di internet atau di google yang membahas solusi atau jawaban atas pertanyaan itu.
  3. Pertanyaan memiliki sumber organik yang tinggi. Ketika suatu pertanyaan diajukan, maka pertanyaan itu tidak lantas hanya mengendap di platform Quora, tetapi juga akan muncul di pencarian Google. Dengan kata lain sumber lalu lintas pertanyaan tersebut organik. Jadi menerapkan SEO untuk pertanyaan baru adalah hal yang penting.

Bagaimana penghitungan penghasilan dari waktu ke waktu?

perbedaan nilai penghasilan pertanyaan jangka pendek (pertanyaan viral) dan jangka panjang (long term)

Ketika suatu pertanyaan mulai menghasilkan, maka penghasilan dari pertanyaan tersebut bisa saja menghasilkan uang secara cepat dalam waktu yang pendek. Namun ada juga pertanyaan yang menghasilkan uang dengan lambat, namun dalam jangka waktu yang relatif lama.

Quora memberi penghasilan atas pertanyaan tersebut maksimum 1 tahun lamanya, terhitung waktunya sejak pertanyaan itu pertama kali diajukan. Setelah 1 tahun berlalu, pertanyaan tadi tidak lagi menghasilkan, namun menjadi hak milik Quora seutuhnya. Tidak dapat dihapus atau diedit kembali.

Perbedaan Penghasilan Mitra Quora Indonesia dan Inggris


Sejak awal kemunculannya di Indonesia pada 2018 silam, Quora memberi porsi penghasilan yang seimbang antara Quora Indonesia dan Quora Inggris. Artinya, nilai suatu pertanyaan dinilai sama nominalnya jika dibandingkan antar keduanya.

Saat itu, orang-orang mulai berbondong-bondong menginstall dan mencoba menjadi Mitra Quora Indonesia, karena penghasilannya yang lumayan tadi. Satu pertanyaan yang populer bisa bernilai sampai ratusan dollar, bahkan pernah tembus sampai ribuan dollar USD. Bagi orang Indonesia, nilai itu sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan kurs Rupiah.

Namun sejak awal atau pertengahan tahun 2020 lalu, Quora mengumumkan bahwa menurunkan rate penghasilan mitra Quora Indonesia. Banyak mitra Quora dari Indonesia yang kecewa. Menurut saya ini merupakan strategi bisnis Quora untuk menggaet pengguna baru di Indonesia yang saat itu masih sepi.

perbedaan nilai pertanyaan yang cukup terpaut jauh antara Quora Inggris vs Quora Indonesia

Sampai saat ini, strategi yang dilakukan Quora menurut saya termasuk berhasil. Karena pengguna Quora di Indonesia ternyata masih cukup lumayan. Tidak terjadi penurunan yang cukup signifikan. Cukup banyak yang betah di platform tanya jawab itu karena memang isinya sangat edukatif dan informatif. Bahkan penggunanya terus bertambah setiap tahunnya walaupun penghasilan mitra Quora tidak sama seperti dulu.

Cara Menghasilkan Uang di Quora


Setelah kamu menjadi seorang Mitra Quora, kamu perlu melakukan hal-hal ini untuk menghasilkan uang di Quora, diantaranya

  1. Buat pertanyaan semenarik mungkin dan unik. Pertanyaan yang dicari banyak orang namun belum banyak informasinya di Google. Contohnya, "Bagaimana Pengalamanmu Menjadi Seorang Seller di Tokopedia?" atau "Berapa besaran gaji karyawan di PT. Pertamina?"
  2. Menjawab pertanyaan yang kamu buat sendiri. Artinya, kamu memberikan semacam pengalaman hidup yang belum pernah dialami orang lain, ini menarik karena pastinya banyak orang yang akan tergugah untuk membaca jawaban atas pertanyaan itu.
  3. Membuat pertanyaan sebanyak mungkin. Quora sendiri merekomendasikan mitranya untuk membuat 10 pertanyaan perharinya (namun ini bukan kewajiban). Perhatikan juga pertanyaan yang diajukan tidak boleh pertanyaan yang bersifat template. Contohnya : "Bagaimana pengalamanmu berlibur ke pantai di Aceh?","Bagaimana pengalamanmu berlibur di Jakarta?", "Bagaimana pengalamanmu berlibur di Bali?", "Bagaimana pengalamanmu berlibur di Kalimantan?" dan seterusnya.
  4. Jangan hanya membuat pertanyaan tapi tidak pernah menjawab pertanyaan. Walaupun ini bukan aturan tertulis, tapi pengguna Quora lainnya akan merasa risih, dan akunmu berpotensi dilaporkan oleh pengguna lainnya. Ini wajar, karena Quora sendiri adalah saling memberi kontribusi antara si penanya dan si penjawab. Berlaku etis dan jawablah pertanyaan dari pengguna lainnya agar terjadi keseimbangan.
  5. Terapkan SEO untuk pertanyaan baru. Sebelum menanyakan sesuatu di Quora, alangkah baiknya mencari terlebih dahulu di Google, apakah ada jawabannya? Jika iya sebaiknya cari pertanyaan lain. Karena pertanyaan yang mudah didapat jawabannya di Google tidak akan bernilai tinggi di Quora. Pertanyaan yang memiliki sumber eksternal tinggi akan menghasilkan penghasilan yang tinggi juga.
  6. Jangan membuat pertanyaan anonim atau berkaitan dengan Quora itu sendiri. Di Quora, kamu dapat mengajukan pertanyaan yang sifatnya anonim. Artinya kredensial atau identitas si pembuat pertanyaan tidak ditampilkan. Bagitu pula dengan pertanyaan terkait Quora, seperti misalnya pertanyaan seperti ini : "Bagaimana Quora Menjalankan Bisnisnya?". Menurut Quora pertanyaan jenis ini bukanlah pertanyaan yang dapat dimonetisasi.

Bagaimana Quora Membayar Mitranya


Quora mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan oleh advertisernya. Sebagai seorang mitra, kamu akan diberikan akses pada menu Mitra lewat pengaturan akun. Pada menu ini, akan tertampil berapa penghasilan harian yang didapat dari pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan.

Ketika earning telah mencapai USD 10 dollar atau setara sekitar Rp. 140 ribu rupiah, maka kamu akan diminta untuk mengaitkan akun Quora ke akun Paypal. Jadi kamu perlu membuat akun paypal terlebih dahulu untuk menerima pembayaran pertamamu.

earning yang pernah saya dapatkan dari Quora

Quora juga dapat melakukan pembayaran lewat akun Stripe, khusus pengguna yang berdomisili untuk wilayah Amerika Serikat

Jika saldo pada dasbor Mitramu telah memenuhi ambang batas minimum pembayaran senilai USD 10 dollar, maka Quora akan mentransfer uang tersebut ke akun Paypal yang kamu miliki. Pembayaran penghasilan mitra Quora dilakukan pada tanggal 3 setiap bulannya, dan dapat mundur jika tanggal tersebut adalah hari libur (tanggal merah).

Rekomendasi artikel menarik untuk dibaca
💻 Cara Memperbaiki Gambar Dalam Format Generasi Berikutnya di Blogger
💻 Apa itu Google Page Experience dan Pengaruhnya Terhadap SEO 2021

Rate Artikel


Komentar Artikel

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial