0


{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Tutorial » Desain

3 Cara Membuat Stroke di Adobe Illustrator dengan Mudah

Stroke atau Outline merupakan efek tambahan untuk memberikan garis tepi (border) pada sebuah objek gambar maupun text pada Adobe Illustrator.

Dalam desain, stroke dapat berguna untuk menambahkan efek timbul, bayangan, dan juga bisa mengambil bentuk bingkai pada objek. Sehingga hasil desain menjadi lebih menarik dan bergaya.

Berikut ini adalah cara membuat stroke beserta langkah-langkahnya.



Cara Membuat Stroke di Teks


Stroke dapat dibuat dengan objek apapun seperto shape, path maupun teks, kali ini kita akan membuat stroke pada teks dengan langkah mudah.

  1. Buat teks terlebih dahulu dengan memilih "T" (Type Tool) pada bar workspace di sebelah kiri.
  2. Klik dan drag pada kanvas untuk membentuk bidang ketik, lalu ketikkan teks. Contoh disini kita mengetikkan teks "SEMANGKABLOG"

  1. Kamu dapat membuat teks dengan gaya dan ukuran font berbeda sesuai selera. Perhatikan di panel workspace sebelah kanan ada tab Appearance ada 2 pilihan Fill dan Stroke
  2. Kita akan memberi teks dengan warna oranye dengan stroke warna hitam. Caranya cukup mudah, klik dan block teks lalu pilih Fill lalu pilih warna oranye.
  3. Selanjutnya pilih Stroke warna hitam, disini kita akan memilih stroke dengan ketebalan 10 points.

Tips : Kamu dapat mengatur opasitas (kecerahan), warna stroke, dan ketebalan stroke sesuai kebutuhan. Sebaiknya gunakan perbedaan warna yang kontras antara Fill dan Stroke agar tampilan desain menjadi lebih menarik.

Cara Membuat Stroke di Objek


Prinsip kerja pembuatan stroke sebenarnya hampir sama dengan teks, langkahnya sebagai berikut

  1. Kita akan membuat objek, bisa dengan menggunakan ellipse tool, rectangle tool atau star tool untuk menciptakan objek lingkaran, persegi atau bintang. Untuk objek khusus, kamu dapat membuat dengan menggaris path dengan Pen Tool.
  2. Disini kita akan menciptakan objek dengan path misalnya seperti gambar dibawah ini.

  1. Kemudian pilih warna Fill berwarna biru muda, dan Stroke berwarna biru tua. Ketebalan stroke disini kita buat sebesar 10 points.
  2. Kamu dapat menambahkan beberapa objek lainnya dengan metode yang sama, disini kita menambahkan juga dua lingkaran dengan Ellipse Tool, lalu menambahkan Fill berwarna putih dan Stroke berwarna biru tua.

Cara Membuat Shadow dengan Stroke


Adakalanya kita memerlukan stroke untuk menciptakan efek khusus. Ini bisa digunakan untuk menciptakan efek bayangan (shadow) pada objek.

Misalnya pada tutorial ini kita akan membuat efek bayangan dengan menggunakan stroke dari sebuah teks lalu menciptakan efek bayangan.

  1. Pertama-tama kita akan membuat teks, lalu membuat Fill pada teks tersebut dengan warna putih, kemudian kita memberi Stroke dengan warna hitam sebesar 10 points.
  2. Cara membuatnya seperti gambar dibawah ini

  1. Lalu kita akan menduplikasi objek tersebut dengan cara memilih selection tool lalu menekan tombol alt + drag untuk membuat objek kedua.
  2. Selanjutnya pada objek kedua kita akan menerapkan ukuran stroke yang lebih besar misalnya 14 points, lalu membuat Fill dan Stroke berwarna biru muda.
  3. Kemudian pindahkan objek kedua yang telah diduplikasi tadi pada pada objek pertama.
  4. Pindahkan objek kebelakang objek pertama dengan memilih arrange lalu pilih send to back
  5. Caranya sebagai berikut

  1. Selesai.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya. Selamat mencoba! 🙂

Rekomendasi artikel menarik untuk dibaca
💻 3 Cara membuat Garis di Photoshop, Dijamin Bisa!
💻 Cara membuat struktur organisasi keren di Adobe Photoshop

Rate Artikel


Komentar Artikel

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial