0


{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "body", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Home » Otomotif » Review

Cara membersihkan mesin mobil lebih baik dari salon detailing

Membersihkan bagian kompartemen mesin seringkali adalah perkara yang cukup sulit dilakukan bagi sebagian orang. Terkadang kita membawa mobil ke salon detailing dan udah habis ratusan ribu ternyata hasilnya malah kurang memuaskan. Kalau kita punya waktu senggang mengapa kita tidak melakukannya sendiri? Dan tentunya lebih irit dan memuaskan.



Tips membersihkan kompartemen mesin


 (Gambar : Bersihkan per bagian ya sob supaya lebih detail)

  1. Pertama-tama matikan terlebih dahulu mobil dan biarkan sampai mesin betul-betul dalam kondisi dingin
     
  2. Gunakan kuas dan spons untuk membersihkan areal yang berdebu, bersihkan per bagian agar mendapatkan detailing yang lebih baik. Tidak perlu buru-buru dan pada tahap ini tidak perlu menggunakan air, yang penting debunya disingkirkan terlebih dahulu.
     
  3. Mulai dari bagian-bagian yang lebih sulit dahulu seperti mesin, kipas, dan bagian metal, lalu dilanjutkan ke bagian yang plastik.
     
  4. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian kecil atau sela-sela yang tidak dapat dijangkau. Bisa menggunakan sikat gigi bekas dan tentunya tidak perlu keluar biaya besar. 
     
  5. Jangan menyemprotkan air langsung kedalam kompartemen mesin. Karena air dapat masuk ke sela-sela perkabelan dan menyebabkan korsleting listrik. Lebih baik membasahi kain dengan sedikit air sehingga kainnya terasa lembab, barulah diusapkan pada bagian yang ingin dibersihkan.
     
  6. Hindari menggunakan bensin dan solar. Umumnya jika kita membawa mobil ke salon mobil, terkadang mereka menggunakan bensin atau solar untuk membersihkan bagian-bagian tertentu yang berminyak. Namun cara ini meninggalkan residu bensin yang membuat terkesan berminyak sehingga kelihatan berkilap, padahal sebenarnya itu cara yang kurang baik.

    Disamping cara tersebut membuat bau-bauan bensin, itu juga akan meninggalkan sisa yang dapat membuat kerak dan debu akan mudah menempel kembali.
     
  7. Gunakan degreaser yang baik yang dapat mencegah karat. Untuk bagian-bagian terkhusus metal, mimin menggunakan WD-40. Ini banyak dijual di toko-toko besi/panglong. WD-40 ini bisa diaplikasikan dan memiliki kegunaan yang variatif, seperti sepeda dan motor. Disamping menghilangkan residu karat, dia juga mampu menghilangkan minyak-minyak kotor yang menempel pada permukaan mesin. Satu botolnya dapat digunakan untuk berkali-kali sehingga sangat irit dan murah, harga perbotolnya di kisaran 55 ribu rupiah.
     
  8. Pada bagian plastik yang berwarna hitam, gunakan Trim Restorer. Cairan ini banyak di jual di toko online. Harga perbotolnya di kisaran 60-90 ribu rupiah. Ini akan mengembalikan warna dasar plastik sehingga seperti disemir namun efeknya bisa bertahan berbulan-bulan. Plastik akan menjadi hitam kembali seperti baru dan tahan air, seperti memiliki efek daun talas. Dapat digunakan juga untuk bagian lain pada mobil.
     
  9. Keringkan semua sisa-sisa air atau residu dengan menggunakan kain kanebo, lalu setelah kering lap kembali dengan kain microfiber.
     
  10. Pada bagian-bagian plastik bertekstur dan karet, gunakan "Shine Dressing" dan aplikasikan dengan spons lalu akhiri dengan kain microfiber. Ini akan membuat plastik lebih berkilau/kinclong. Disamping itu karet-karet juga lebih lembut dan tidak mudah getas sehingga lebih terawat. Kamu bisa mendapatkan produk ini di toko online dan harga produk ini di kisaran 60 ribuan, bisa dipakai berbulan-bulan.

Penggunaan Trim Restorer


 

(Gambar: Bagian plastik bertekstur dan karet, ini bisa didetailing dengan Trim Restorer dan Shine Dressing)

  1. Untuk finishing pada bagian-bagian kompartemen mesin sewarna dengan cat mobil, gunakan pengkilap dan paint protection seperti "Advance Nano Ultra" produk dari Nanotech. Kamu bisa dapatkan di toko online dengan harga 150 ribuan. Bisa diaplikasikan juga pada body/cat mobil dan pemakaiannya sangat irit. Cukup ditambahkan pada kain microfiber dan dilap sampai kering.
     
  2. Setelah semua benar-benar kering hidupkan mesin selama kurang lebih 5-10 menit agar menguapkan bagian-bagian yang lembab sehingga bagian mesin kering sempurna.

Prduk detailing yang digunakan


(Gambar : Produk yang mimin gunakan, Sumber: dokumentasi pribadi)

Produk yang mimin gunakan antara lain:

No Nama Kegunaan Harga
1 WD40 Spray Degreaser sekaligus proteksi permukaan metal dari karat Rp.55.000
2 Plastic and Trim Restorer by Masterpiece Menghitamkan/semir bagian plastik yang kusam Rp.85.000
3 Back to Black Dressing by Nanotech Merawat dan melembabkan plastik dan karet agar lebih awet dan kinclong Rp.61.000
4 Advance Nano Ultra by Nanotech Melapisi permukaan cat agar lebih kinclong dan tahan air Rp.155.000
5 Glass Compound by Masterpiece Menghilangkan jamur kaca (yang ini tidak digunakan) Rp.85.000
Disclaimer : Mimin tidak mengendorse atau mendapat bayaran dari produk-produk yang disebutkan diatas ya :) Oh ya produk diatas bisa digunakan sampai 10-20 kali aplikasi. Jadi lebih murah

Hasil detailing terbukti lebih lebih kinclong dari salon mobil


(Gambar : Hasil detailing mimin, Sumber: dokumentasi pribadi)

Oke sobat semangkamania, begitu tadi cara membersihkan kompartemen mesin agar selalu terawat. Tidak perlu menghabiskan ratusan ribu untuk salon detailing jika kamu bisa melakukannya sendiri di rumah tentu lebih murah dan hasilnya lebih memuaskan kenapa enggak? Cukup irit bukan?

Jika kamu punya saran-saran silahkan tuliskan di kolom komentar yah!

Rate Artikel


Komentar Artikel

Perhatian :
Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu



Contoh : email_saya@gmail.com



Komentar berhasil di-input
Error!

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru


Media Sosial