Home » Otomotif » Review

6 Alasan Penting Mengapa Kamu Perlu Asuransikan Mobil Kesayangan

6 Important Reasons Why You Need To Insure Your Car

  • 25 Mar 2021
  • 228
  • Andy. H

Banyak anggapan negatif di masyarakat bahwa asuransi mobil itu tidak begitu penting, hanya membuang-buang uang saja, dan tidak ada manfaatnya.

Argumen ini sebenarnya kurang tepat, karena asuransi mobil tetap diperlukan sebagai fungsi perlindungan aset dari resiko-resiko yang tidak di inginkan.

Bila kita amati di sekitar kita cukup sering terjadi kecelakaan dan malangnya masih banyak sekali mobil yang tidak memiliki asuransi.

Jika sudah begini, mau tak mau pemilik mobil harus rela mengeluarkan uang jutaan bahkan puluhan juta rupiah hanya untuk perbaikan mobilnya.

Daftar Isi


{ "placements": [ { "anchor": { "selector": "article", } }, "pos": 4, "type": 1, "style": { "top_m": 5, "bot_m": 10 } } ] }
Loading ...

Manfaat dan Kegunaan Asuransi Mobil

Angka kemacetan di Indonesia terbilang cukup tinggi, menurut data dari Kominfo, rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan lalu-lintas.

Seiring dengan pertumbuhan angka kendaraan yang terus meningkat dari tahun ke tahun, ini menimbulkan masalah yang cukup serius.

Bagi kita yang sering mengendarai mobil di jalan raya, kecelakaan adalah hal tak terduga dan bisa terjadi kapan dan dimana saja.

Jika sudah terjadi, tak jarang pemilik mobil harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaikinya. Disini Asuransi mobil berperan untuk meringankan beban kita.

Dengan memiliki asuransi mobil, kita bisa terhindar atau setidaknya mengurangi pengeluaran uang yang tinggi akibat kerugian biaya perbaikan mobil.

Mengapa Kita Perlu Asuransi Mobil?

Berikut ini 6 alasan penting mengapa kamu perlu asuransikan mobil kesayangan

  1. Asuransi Memberikan Perlindungan Resiko

    Dengan mengasuransikan mobil kesayangan, kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan mobil dan tidakan kejahatan seperti pencurian akan dilindungi oleh Asuransi.

    Stigma di masyarakat Indonesia, mengasuransikan mobil sama dengan membuang uang. Padahal jika dilihat dari sisi manfaatnya biaya yang dikeluarkan sangat membantu mengcover biaya perbaikan mobil bila terjadi kecelakaan / pencurian.

    Peran asuransi sebagai penyelamat aset. Mobil sebagai aset yang bernilai tinggi sudah sepantasnya diberi perlindungan agar terbebas dari resiko-resiko tersebut.
  1. Asuransi Memberikan Rasa Aman

    Coba misalnya kamu diberikan 2 pilihan ketika berkendara, ada satu mobil yang tidak memiliki asuransi, sedangkan satu laginya memiliki asuransi. Sudah barang tentu kamu akan memilih mobil yang di asuransikan.

    Dengan adanya asuransi, akan memberikan rasa aman ketika berkendara, itulah sebabnya perusahaan selalu mengasuransikan aset mobil-mobilnya agar karyawannya nyaman ketika menggunakan mobil
     
  2. Asuransi Memudahkan Perencanaan Keuangan

    Ketika kita sudah memiliki alokasi anggaran tetap untuk asuransi mobil, maka pengaturan rencana keuangan semakin mudah.

    Ketika ada kerusakan terjadi, kita tidak perlu repot mencari dana tambahan dari pos keuangan lain, sehingga keuangan menjadi lebih stabil.

    Pihak asuransi akan menanggung kerusakan yang terjadi, namun kamu perlu memilih polis yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
     
  3. Asuransi Membuat Pengeluaran Lebih Sedikit

    Oke, pertama kamu harus mengetahui jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

    Jika kamu memilih asuransi tahunan mobil kesayangan dengan perlindungan total dengan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 7 juta per tahunnya.

    Ini sebagai contoh jika kamu menggunakan Toyota Yaris Gen 3 tahun 2017

    Ini masih jauh lebih murah dengan perbaikan tanpa asuransi untuk total perbaikan rata-rata yang mencapai Rp 11 Juta per sekali kejadian.

    Ini menjadikan asuransi lebih hemat dalam perhitungan jangka panjang.
     
  4. Asuransi Menghemat Waktu Ketika Terjadi Kecelakaan

    Bagi kamu yang memiliki aktivitas yang cukup sibuk, perusahaan asuransi akan membantu kamu seandainya kecelakaan terjadi.



    Semisal berurusan dengan perusahaan asuransi pengemudi lain, proses di kepolisian, proses klaim dan membantu pengurusan di bengkel terpercaya.

    Alasan inilah yang membuat orang banyak mengasuransikan mobilnya karena kemudahan dan menghemat waktu.

    Juga kejadian pasca kecelakaan yang umumnya tidak menyenangkan jadi bisa dihindari.
     
  5. Asuransi Menawarkan Fitur dan Bonus Tambahan

    Jika kamu memilih asuransi terpercaya, seringkali mereka memberikan bonus yang menarik. Seperti misalnya diskon pembayaran.

    Fitur tambahan yang diberikan juga cukup membantu kamu bila terjadi kecelakaan, seperti fasilitas mobil derek yang selalu siap membantu ketika kecelakaan terjadi.

Jenis Asuransi Mobil

Biasanya asuransi mobil dibagi menjadi dua yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi mobil All Risk.

  1. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)



    Asuransi mobil total loss only adalah penggantian kerugian atau klaim asuransi secara penuh atas kendaraan yang kerusakannya mencapai 75% atau lebih.

    Kerusakan seperti ini adalah kerusakan tertinggi, yang bisa menyebabkan mobil rusak parah atau ringsek, hingga tidak bisa digunakan sama sekali.

    Berbeda dengan kerusakan seperti tersenggol kendaraan lain sehingga mengakibatkan penyok biasa tidak termasuk dalam coverage TLO.

    Tindakan vandalisme atau pencurian yang mengakibatkan kehilangan kendaraan juga termasuk TLO.

    Dengan memilih asuransi jenis ini maka dipastikan ketenangan dan kenyamanan berkendara dalam perjalanan akan senantiasa kamu rasakan.

    Kelebihan asuransi TLO juga memiliki biaya premi yang terbilang cukup murah dan bisa mengirit pengeluaran.

    Mobil yang masih muda atau berusia dibawah 10 tahun sangat direkomendasikan memilih asuransi jenis TLO.
     
  2. Asuransi Mobil All Risk



    Asuransi yang paling banyak diminati dan paling laris adalah asuransi All Risk.

    Manfaat asuransi mobil yang satu ini memiliki keunggulan coverage yang lebih luas.

    Ketika ada kerusakan yang kecil maupun besar akan ditanggung secara menyeluruh.

    Biasanya nasabah yang mengalami kecelakaan lebih direkomendasikan untuk penggantian unit mobil baru daripada harus diperbaiki di bengkel.

    Beberapa pilihan tambahan untuk jenis All Risk semisalnya dapat diperluas pada kendaraan yang mengalami kejadian bencana alam atau huru-hara.

    Biaya yang harus dikeluarkan untuk asuransi All Risk lebih mahal jika dibandingkan dengan TLO, ini dikarenakan proteksinya yang menyeluruh.

    Oleh karena itu jenis asuransi ini sangat cocok untuk mobil yang baru saja dibeli di tahun pertama.

Penutup

Berikut tadi 6 alasan penting mengapa kamu perlu asuransikan mobil kesayangan.

Beberapa saran yang dapat diberikan adalah ketahui polis-polis dan ketentuan serta pengecualian yang diberikan perusahaan asuransi.

Perhatikan dengan cermat dan seksama, dan pilihlah asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sebelum menyetujui semua klausul pada polis asuransinya, ketahui juga apa-apa saja yang menjadi kewajiban dan hak-hak kamu nantinya, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Bagikan artikel ini jika bermanfaat dan terima kasih telah membaca ya! 😉

Komentar Artikel

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru